alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Uji Coba PTM, SMAN 3 Jombang Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

08 September 2020, 09: 34: 52 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

JAGA JARAK: Siswa-Siswi SMAN 3 Jombang antre mencuci tangan saat masuk area sekolah.

JAGA JARAK: Siswa-Siswi SMAN 3 Jombang antre mencuci tangan saat masuk area sekolah. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Sebagai sekolah unggulan, SMAN 3 Jombang menjadi salah satu sekolah yang dipercaya Cabdisdik Jatim Wilayah Kabupaten Jombang menjadi sekolah percontohan uji coba pembelajaran tatap muka terbatas. Uji coba ini dimulai Senin (7/9) kemarin.

Kepala SMAN 3 Jombang Drs. Singgih Susanto, M.M.Pd. menyampaikan, dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah, pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai standar operasional prosedur dari Kementrian Kesehatan.

Mulai menyiapkan tempat cuci tangan di masing-masing kelas, mengatur jarak bangku siswa hingga aturan kegiatan tatap muka yang mewajibkan siswa memakai masker dan membawa alat tulis masing-masing. ”Kami juga membentuk tim satuan gugus tugas Covid-19 di sekolah yang terdiri dari bapak ibu guru serta anggota osis,” ujar dia.  

DISIPLIN: Kepala SMAN 3 Jombang Drs. Singgih Susanto, M.M.Pd. menjelaskan protokol kesehatan di depan Gugas PP dan IDI siang kemarin.

DISIPLIN: Kepala SMAN 3 Jombang Drs. Singgih Susanto, M.M.Pd. menjelaskan protokol kesehatan di depan Gugas PP dan IDI siang kemarin. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Aturan protokol kesehatan diterapkan ketat saat kegiatan tatap muka terbatas. Hal itu juga dipaparkan Singgih saat rapat koordinasi yang dihadiri Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang, IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Cabang Jombang, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gugas PP) Covid-19, pengurus MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA baik negeri maupun swasta serta  pengurus MKKS SMK baik negeri maupun swasta di aula SMAN 3 Jombang, siang kemarin.

Singgih menambahkan, saat mengikuti kegiatan di kelas pun, siswa dilarang melakukan kontak fisik dengan bapak/ibu guru maupun teman sekelas. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19. ”Satu kelas hanya terdiri 9 siswa dan ketika di kelas mereka wajib mengenakan masker ataupun faceshield,” jelas dia.

Singgih menuturkan, alasan dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas menindaklanjuti rekomendasi Pemprov Jawa Timur, Bupati Jombang serta hasil angket dari wali murid. ”Kami sebelumnya sudah menyebarkan angket dan hasilnya, 80 persen wali murid menjawab setuju,” pungkasnya.

Membanggakan, 6 Siswa SMAGA Lolos FLS2N Jawa Timur

SEMENTARA ITU, pandemi Covid-19 tak membuat siswa-siswi SMAN 3 Jombang berhenti berkreasi di bidang nonakademik. Buktinya, sebanyak enam siswa SMAN 3 Jombang lolos seleksi Festival dan Lomba Senin Siswa Nasional (FLS2N) 2020 tingkat Provinsi Jawa Timur.

Kepala SMAN 3 Jombang Drs. Singgih Susanto, M.M.Pd. menyampaikan, enam siswa tersebut berhasil meraih juara 1 dari total 186 peserta jenjang SMA baik swasta negeri.

Masing-masing di antaranya, Yasmin Nailya Q cabang baca puisi, Refani Sandya Budiarti cabang tari kreasi, M Yusril Fariddudin cabang vokal solo putra, Shonia Vanie Andhini cabang vokal solo putri, Randy Aulia Firdaus dan Musyaffa Afif Wicaksana cabang film pendek.

”Alhamdulillah setiap tahun kita selalu mewakili Kabupaten Jombang untuk mengikuti FLS2N tingkat Jawa Timur,” ujar dia kemarin (7/9).

Keenam siswa akan bergabung dengan empat siswa dari sekolah lain untuk mengikuti lomba FLS2N tingkat Jawa Timur 14 September mendatang. ”Namun kita akan lakukan pembinaan dan peningkatan kualitas sebelum berangkat ke Pemprov Jatim kemarin,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang Drs. Trisilo Budi Prasetyo, M.M. mengapresiasi 10 peserta yang akan mewakili Kabupaten Jombang di ajang FLS2N tingkat Jawa Timur.

Mereka menerima penghargaan piala dan piagam di aula SMAN 3 Jombang kemarin pagi. ”Kami berharap siswa-siswi Jombang bisa andil dalam bidang prestasi dan mudah- mudahan pada kejuaraan nanti bisa meraih juara yang lebih tinggi,” ujar dia.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia