alexametrics
Minggu, 25 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

DPPKB-PPPA Jombang Bentuk Gugus Tugas Desa Layak Anak

04 September 2020, 08: 13: 48 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Bupati Hj Mundjidah Wahab foto bersama para pemenang Jombang Children Festival.

Bupati Hj Mundjidah Wahab foto bersama para pemenang Jombang Children Festival. (WENNY ROSALINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Jombang, resmi membentuk Gugus Tugas Desa Layak Anak. Seremoni pembentukan berlangsung di pendopo, kemarin (3/9).

Kepala DPPKB-PPA Nurkamalia menyebut advokasi gugus tugas desa agar kebutuhan dan hak anak terpenuhi. Mulai hak pendidikan hak kesehatan, hak bermain, hingga hak sipil. Ditambah lagi Jombang sudah meraih kabupaten layak anak kategori Nindya.

“Tinggal meraih satu tingkat lagi yaitu utama. Mudah-mudahan bisa. Kategori Nindya kita dapatkan 2018. Hanya tiga daerah di Jatim, yaitu Jombang, Sidoarjo, dan Surabaya,” ungkap Nurkamalia.

Dalam acara ini, berlangsung juga penyerahan hadiah pemenang Jombang Children Festival. “Jombang Children Festival adalah ajang untuk mencari bakat anak-anak di Jombang. Kami awalnya target 30 peserta, ternyata yang ikut 89 peserta,” ungkap Sakina Enova, Ketua Panitia Jombang Children Festival.

Diikuti perorangan dan kelompok, Jombang Children Festival diselenggarakan Forum Anak Jombang. Juara satu diraih SMPN 1 Mojowarno dalam bakat tari. Juara dua diraih SMPN 1 Perak dalam bakat electon. Juara tiga diraih SMAN 3 Jombang dalam bakat tari.

Bupati Hj Mundjidah Wahab yang hadir bersama sejumlah kepala OPD, mengapresiasi dua kegiatan yang digelar DPPKB-PPPA ini. “Di tengah pandemi, anak-anak masih semangat mengikuti kegiatan. Meskipun diselenggarakan secara online. Penghargaan kabupaten layak anak juga sudah saatnya naik ke kategori utama,” kata Bupati Mundjidah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jatim Andriyanto, juga hadir dalam acara ini. Pihaknya mengapresiasi Kabupaten Jombang. Baginya, kabupaten layak anak bukan predikat biasa. “Saya yakin kalau predikat itu sudah diraih, pembangunan berbasis hak anak pasti sudah dilakukan,” ungkap Andriyanto.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP