alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarjombang
Home > Jombang Banget
icon featured
Jombang Banget

Olah Sampah Industri, Pemuda Ini Hasilkan Aneka Produk Kerajinan

24 Agustus 2020, 13: 00: 43 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Aneka produk kerajinan bernilai tinggi yang terbuat dari limbah pabrik.

Aneka produk kerajinan bernilai tinggi yang terbuat dari limbah pabrik. (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Di tangan mereka yang kreatif, sampah bisa disulap menjadi produk kerajinan bernilai tinggi. Seperti yang dilakukan Santos, pemuda asal Desa Cangkringrandu, Kecamatan Perak.

Bersama sejumlah temannya, dia mengumpulkan bahan-bahan sisa industri kulit untuk bahan baku. Produk kerajinan yang dihasilkan di antaranya dompet, tas, dan lainnya.

Proses ini dilakukan mereka di rumah. Produk kerajinan yang dihasilkan, juga tak kalah dengan produk pabrikan. ”Seluruhnya ini barang sisa industri. Biasanya industri sepatu, limbahnya kalau tidak kulit ya jeans,” ucap Santos.

Ia menyebut usaha ini sudah ditekuni sejak tiga tahun terakhir. ”Teman kami, ada yang kerja di pabrik dan biasa membawa limbah ke rumah. Kami yang menganggur waktu itu, mencoba membuat tas. Ternyata berhasil,” lanjutnya.

Percobaan lain dilakukan pula untuk material kulit. Hasilnya dalam beberapa kali percobaan, Santos mengaku mampu membuat produk kerajinan berupa dompet hingga tali jam tangan. ”Sampai resleting ini juga limbah juga,” tambahnya.

Untuk limbah kulit ia manfaatkan untuk produk sandal, sepatu, dompet, hingga penyimpan kartu. Sementara untuk bahan jeans, untuk produk tas.

”Harganya mulai Rp 20 ribu sampai Rp 500 ribu, tergantung produknya. Kalau kulit biasanya lebih mahal. Pasar untuk produk juga rata-rata di luar Jombang,” tambahnya.

Seiring perkembangannya, produk kerajinan yang dibuat Santos kian berkembang dan semakin beragam. Namun tetap, aktivitas produksi bergantung pada ketersediaan bahan.

”Kalau bahan yang selalu ready itu kulit dan jeans. Kami datangkan dari Jombang dan beberapa kota lain,” pungkas Santos.

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia