alexametrics
Minggu, 25 Oct 2020
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Pemkab Jombang Siap Bagikan Kain Seragam Gratis untuk 45.469 Siswa

24 Agustus 2020, 07: 07: 32 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

DIUPAYAKAN: Petugas menyerahkan kain seragam di Gedung Tenis Indoor 2019 lalu.

DIUPAYAKAN: Petugas menyerahkan kain seragam di Gedung Tenis Indoor 2019 lalu. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Program Unggulan Bupati Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah pemberian kain seragam gratis kepada siswa baru jenjang SD/MI-SMP/MTs disegera direalisasikan dalam waktu dekat. Saat ini, bantuan kain seragam sudah siap dibagikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Jombang Agus Purnomo menyampaikan, program kain seragam gratis sebesar Rp 14 miliar direalisasikan melalui P-APBD 2020 dan sudah disetujui kalangan DPRD Jombang. Dalam waktu dekat akan segera didistribusikan.

”Alhamdulillah sudah di-dok,” ujar dia kemarin (23/4).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Jombang Agus Purnomo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Jombang Agus Purnomo (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Proses pendistribusian kepada puluhan ribu peserta didik baru akan dilakukan setelah hasil uji laboratorium di Balai Tekstil Bandung selesai. ”Untuk menghindari kerumunan, kami memastikan mendistribusikan ke sejumlah titik yang berdekatan dengan sekolah yang bersangkutan,” tambahnya.

Dijelaskan, total ada 45.469 siswa baru mulai jenjang SD/MI-SMP/MTs yang akan menerima bantuan kain seragam grstis. Dengan rincian, total siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri yang akan menerima sebanyak 11.048 siswa. Kemudian, sebanyak 8.583 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) baik negeri maupun swasta.

Selain itu, sebanyak 14.500 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri maupun swasta. Serta sekitar 11.338 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri maupun swasta. ”Untuk penerima kain seragam yakni siswa kelas I sampai VII. Total ada sebanyak kurang lebih 45.469 siswa yang ada di Kabupaten Jombang,” terangnya memerinci.

Semua siswa baru masing-masing akan mendapatkan dua kain seragam. Di antaranya kain seragam pramuka dan seragam nasional sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuh.

Misalnya kain seragam merah putih untuk SD, hijau putih untuk MI, dan putih biru untuk SMP/MTs. ”Setiap siswa nantinya akan menerima kain seragam pramuka serta seragam kain sesuai dengan jenjang pendidikan peserta didik,” jelasnya.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP