alexametrics
Senin, 21 Sep 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Rotary Club Gelar Pelatihan Menggambar dan Mewarnai Kreatif di PPDU

22 Agustus 2020, 09: 31: 09 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ROADSHOW: Michael Agusta Presiden Rotary Club Surabaya West saat bersama santri Ponpes Darul Ulum kemarin.

ROADSHOW: Michael Agusta Presiden Rotary Club Surabaya West saat bersama santri Ponpes Darul Ulum kemarin. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Rotary Club Surabaja-Darmo berkolaborasi dengan Rotary Club Surabaya Timur, Rotary Club Surabaya West dan Rotary Club Mataram Lombok bersama partner masing-masing (Rotaract Club Surabaya Darmo Raya, Rotaract Club Surabaya Timur dan Rotaract Club Surabaya West), menggelar pelatihan menggambar dan mewarnai manga (komik) bersama santri Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

Pelatihan menggambar dan mewarnai komik yang bertempat di Islamic Center Unipdu berlangsung meriah kemarin pagi (21/8). Dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, acara berjalan lancar.

”Diharapkan pelatihan yang pesertanya siswa SMP atau sederajat ini dapat meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia, penuh semangat kepedulian kepada sesama, berjiwa gotong royong dan selalu mengembangkan imajinasi positif untuk mencapai Indonesia Maju,” ujar Michael  Agusta  Presiden Rotary Club Surabaya West.

BERI ARAHAN: Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) memberi arahan saat pembukaan acara kemarin.

BERI ARAHAN: Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) memberi arahan saat pembukaan acara kemarin. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Rotary Club adalah lembaga non profit berbasis sosial kemanusiaan. Setiap tahun, agenda seperti ini rutin dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, kali kedua mereka singgah di Kota Santri menyapa warga santri di Ponpes Darul Ulum Jombang.

”Tujuan pelatihan ini melatih kemampuan komunikasi dan bersosial lewat gambar dan cerita, mendorong dan melatih siswa untuk melontarkan ide-idenya melalui gambar dan tulisan serta mewujudkan siswa gemar belajar dan pintar literasi,” sambungnya.

Pelatihan menggambar dan mewarnai yang diadakan Rotary Club berlangsung mulai 13,15,17 dan 21 Agustus 2020 di Surabaya, Sidoarjo, Lombok dan Jombang. Peserta diambil dari beberapa sekolah diantaranya SMP Al-Islam Taman Sidoarjo, SMP/MTs Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang dan siswa dari Sekolah Karya Lotara Desa Kayangan, Lombok Utara, serta anak-anak dari dusun tertinggal Dusun Aik Manis, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur.

”Mereka akan diajarkan tentang bagaimana cara menulis yang baik dari Tim Katalis (Komunitas Suka Fotografi dan Menulis) dan bagaimana teknik menggambar dan mewarnai Manga/Komik,” tegas dia.

Di akhir pelatihan, para peserta diminta menggambar Manga dengan tema People of Action dan menceritakan apa yang digambar dengan materi tentang humanity atau kebaikan. Empat karya terbaik dari setiap sesi pelatihan akan diberikan trophy dari Rotary.

”Diharapkan nanti siswa dapat terlatih dalam menemukan masalah, menemukan penyelesaian yang logis serta memberikan solusi kreatif dalam gambar dan tulisan,” sahut Pres Lanny Presiden Rotary Club Surabaya Timur.

Pelatihan membuat gambar Manga dan bercerita dengan sumber gambar ini akan menggali daya kreatifitas, kecerdasan dan meningkatkan kepercayaan diri. Selain pelatihan, juga akan dibagikan 350 goodie bag kepada semua peserta.

”Gambar merupakan media yang tepat untuk menumbuhkan atau menjadi sumber ide dan imajinasi dalam menulis,” bebernya serius.

Sementara itu, Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) pengasuh Pondok Pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum mengapresiasi atas ditunjuknya Ponpes Unipdu sebagai tempat pelatihan dari Rotary Club.

”Ini bentuk nyata dari kegiatan yang menginspirasi para santri. Terlihat dari lambang Rotary Club seperti roda. Ibarat seperti roda, kehidupan ini terus berputar. Untuk itu menjadi manusia harus peduli terhadap sesama,” pungkasnya.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia