alexametrics
Jumat, 25 Sep 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

TNI Kibarkan Bendera Merah Putih di Air Terjun Tretes Wonosalam

14 Agustus 2020, 09: 49: 50 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kodim 0814 Jombang mengibarkan bendera Merah Putih di Air Terjun Tretes Dusun Pengajaran, Desa Galongdowo, Kecamatan Wonosalam (8/8).

Kodim 0814 Jombang mengibarkan bendera Merah Putih di Air Terjun Tretes Dusun Pengajaran, Desa Galongdowo, Kecamatan Wonosalam (8/8). (Istimewa)

Share this      

JOMBANG -  Banyak cara dilakukan menyemarakkan HUT RI ke-75. Salah satunya aksi Kodim 0814 Jombang mengibarkan bendera Merah Putih di Air Terjun Tretes Dusun Pengajaran, Desa Galongdowo, Kecamatan Wonosalam (8/8).

Untuk menuju lokasi air terjun Pengajaran, rombongan yang dipimpin langsung Dandim 0814 Lektol Inf Triyono harus menempuh perjalanan cukup jauh serta menghadapi medan yang terjal untuk mencapai air terjun tertinggi di Jawa Timur ini.

Setelah menempuh perjalanan jalan kaki hampir satu jam menuju lokasi air terjun, sekitar pukul 12.30 rombongan tiba di lokasi. Tidak hanya prajurit TNI, nampak sejumlah warga serta perwakilan kelompok pemuda ikut dalam kegiatan.

Sesampainya di lokasi, bendera Merah Putih berukuran panjang 8 meter dan lebar 5 meter dibentangkan. kegiatan dilanjutkan pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi menyanyikan lagu Indonesia Raya.

”Tujuan kita tetap menyemarakkan HUT RI ke-75 walaupun dalam situasi pandemi Covid-19,” terang Dandim 0814 Jombang Lektol Inf Triyono kepada Jawa Pos Radar Jombang.

Triyono menambahkan, kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di Air Terjun Pengajaran yang merupakan air terjun tertinggi di Jatim memiliki makna sendiri.

Nilai yang diambil adalah, kemerdekaan tidak diperoleh dengan instan. Namun butuh perjuangan dan pengorbanan jiwa raga dan pikiran para pendahulu bangsa yang rela mempertaruhkan nyawa di medan perang.

”Nilai-nilai luhur perjuangan para pendiri bangsa, perjuangan para pahlawan yang rela gugur di medan perang harus tetap di tanamkan dalam situasi apapun, khususnya pada generasi muda kita, khususnya masyarakat Jombang,” tegasnya.

Selain itu, kegiatan ini sekaligus ingin mengenalkan potensi wisata Air Terjun Pengajaran. ”Kemarin kita juga ajak masyarakat dan dari komunitas pemuda juga,” tandas Triyono.

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP