alexametrics
Jumat, 25 Sep 2020
radarjombang
Home > Hukum
icon featured
Hukum

Sidang Kasus Penipuan Mobil Murah, Jaksa Terima Putusan Hakim

14 Agustus 2020, 08: 19: 57 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: sidang daring kasus penipuan mobil murah.

ILUSTRASI: sidang daring kasus penipuan mobil murah. (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Hingga hari ke-7, jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejari Jombang akhirnya menerima atas putusan 9 bulan penjara kepada Mutik, terdakwa kasus penipuan dan penggelapan pembelian mobil dan motor murah.

“Benar, jadi pernyataan kami terima putusan hakim untuk hukuman Mutik selama sembilan bulan penjara,” terang Yulius Sigit Kristanto, Kajari Jombang.

Meski putusan ini nilainya hampir separo dengan tuntutan jaksa selama 1,5 tahun penjara, ia menganggap pertimbangan hakim sudah layak dalam putusannya. Penerimaan putusan itu disebut juga berkaitan dengan fakta di persidangan. “Pertimbangan kami yang utama, dia dituntut dalam penggelapan tiga sepeda motor dengan nilai kerugian Rp 49 juta. Dalam proses persidangan, terdakwa sudah mengembalikan uang kepada korban, sehingga meringankan,” lanjutnya.

Sigit juga enggan berkomentar perihal banyaknya sorotan terkait tindakan penipuan yang dilakukan Mutik kepada korban lain dengan sejumlah barangbukti mobil. “Yang jelas, yang kami sidangkan adalah berkas yang masuk, bukan pendapat lain. Dalam berkas itu penipuan terdakwa hanya sepeda motor, sehingga tuntutan dan jawaban kami ya berdasar itu,” tambahnya.

Dengan pernyataan menerima putusan, kini kasus Mutik sudah inkrah dan dinyatakan selesai. Sigit menyebut penyelidikan yang kini tengah dilakukan pihak kepolisian kepada Mutik dalam tindak pidana lain, merupakan kewenangan penyidik. “Kalau penyidikan lanjutan itu ranah penyidik, kita tidak bisa intervensi. Kalau memang dari penyidik berkonsultasi ya kita akan bantu sebisa kami,” pungkasnya.

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP