alexametrics
Jumat, 25 Sep 2020
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Diusulkan Rp 14 M, Kain Seragam Gratis Siswa Jombang Tetap Realisasi

12 Agustus 2020, 15: 16: 01 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: pengadaan kain seragam untuk siswa SD/MI dan SMP/MTs tahun lalu.

ILUSTRASI: pengadaan kain seragam untuk siswa SD/MI dan SMP/MTs tahun lalu. (Dok Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Siswa baru jenjang SD/MI dan SMP/MTs tahun ini dipastikan mendapat kain seragam gratis dari Pemkab Jombang. Ini setelah Dinas Pendidikan dan Kebudayan (P dan K) Jombang berencana merealisasikan melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) pada P-APBD 2020 senilai Rp 14 miliar.

Kepala Dinas P dan K Kabupaten Jombang Agus Purnomo menjelaskan, anggaran pengadaan kain seragam gratis bagi siswa baru di Jombang semula terkena refocusing untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19.

Namun setelah dilakukan rapat internal, program tersebut bakal direalisasikan. ”Insya Allah melalui PAK,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Jombang kemarin (11/8).

Saat ini, proses pengadaan kain seragam baik putih biru untuk SMP/MTs, hijau putih untuk MI, merah putih untuk SD maupun seragam pramuka sudah selesai dilakukan. Proses lelang melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Jombang juga sudah ada pemenang.

Selanjutnya, akan dilakukan proses pendistribusian kepada semua peserta didik baru. ”Kami pastikan distribusi kain seragam gratis secepatnya dilakukan. Setelah semua tahapan proses pengadaan rampung,” tambahnya.

Saat ini masih harus menunggu uji lab dari Balai Tekstil Bandung yang memerlukan estimasi waktu sekitar 10 hari kerja. Untuk pendistribusian nanti akan dilakukan beberapa titik agar tidak terjadi kerumunan di masa pandemi Covid-19. ”Karena masa pandemi kita tidak mendistribusikan di satu tempat, seperti tahun lalu. Namun untuk menghindari kerumunan masa, kain seragam akan dikirim ke sejumah titik terdekat dengan sekolah,” papar dia.

Mengacu pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020, siswa yang akan menerima sekitar 45.469 se-Jombang. Jumlah itu baik kelas 1 SD/MI maupun kelas VII SMP/MTs. ”Totalnya mengacu jumlah siswa baru data PPBD,” jelas dia.

Untuk siswa SD sebanyak 11.048, siswa MI 8.583, SMP 14.500 siswa dan MTs 11.338 siswa negeri/swasta. ”Setiap siswa bakal menerima pembagian dua kain seragam. Yakni pramuka serta seragam  nasional sesuai dengan jenjang pendidikan. Untuk seragam olahraga tahun ini kita tiadakan,” pungkasnya.

Sementara itu, pantauan di laman LPSE Jombang menyebut, pengadaan kain seragam siswa dimenangkan dua CV. Untuk seragam biru putih SMP/MTs negeri swasta dimenangkan CV Sastra Guna Perkasa Denpasar Bali dengan nilai hasil negosiasi Rp 4.571.509.250,00. Kain seragam pramuka SMP/MTs negeri swasta dimenangkan CV Wiradhikaz Malang dengan nilai hasil negosiasi Rp 4.335.966.250,00.

Sementara kain seragam merah putih untuk siswa SD negeri swasta dan hijau putih untuk siswa MI negeri swasta dimenangkan CV Sastra Guna Perkasa asal Denpasar Bali dengan nilai hasil negosiasi Rp 2.978.443.270,00. Terakhir, pengadaan kain seragam pramuka SD/MI negeri swasta dimenangkan CV Wiradhikaz Malang dengan nilai hasil negosiasi Rp 2.885.970.175,00.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP