alexametrics
Jumat, 02 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Gaji ke-13 ASN Pemkab Jombang Belum Cair, Ini Alasannya

11 Agustus 2020, 08: 32: 04 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: ASN Pemkab Jombang

ILUSTRASI: ASN Pemkab Jombang (DOK/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – ASN di lingkup Pemkab Jombang sepertinya harus bersabar lagi menunggu gaji ke-13. Sebab hingga kemarin belum ada tanda-tanda penghasilan di luar gaji rutin 12 bulan itu cair. Sebaliknya, pencairan lebih dulu dilakukan kepada pensiunan.

Kepala BPKAD Kabupaten Jombang M Nasrulloh mengatakan, pencairan gaji ke-13 untuk ASN aktif menunggu perbup diteken. “Perbup masih menunggu ibu (Bupati, Red) yang masih di Jakarta. Kalau sudah diteken, secepatnya akan dicairkan,” katanya kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (10/8).

Belum cairnya gaji ke-13 menurut Nasrulloh juga masih wajar. Sebab katanya, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 baru dikeluarkan presiden beberapa hari lalu. “Jadi ini masih proses, setelah PP keluar tanggal 7 kemarin,” lanjutnya.

Gaji ke-13 ini akan diberikan kepada PNS, TNI, Polri, Pegawai Nonpegawai Negeri Sipil, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan. “Dalam aturannya disebutkan, pencairan gaji ke-13 dimulai minggu kedua Agustus. Ini baru dapat satu hari, jadi sabar,” imbuh Nasrulloh.

Pihaknya sendiri mematok target pencairan gaji ke-13 dilakukan Rabu besok (12/8). “Semoga tercapai. Ini untuk yang ASN aktif, kalau untuk pensiunan sudah cair mulai hari ini (kemarin, Red),” tambahnya.

Untuk diketahui, komponen gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Untuk para pensiunan dibayarkan gaji ke-13 yang meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga dan/atau tunjangan tambahan penghasilan.

CPNS juga akan diberikan gaji ke-13 yang meliputi 80% dari pokok PNS, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Total anggaran untuk gaji 13 ini mencapai Rp 38 miliar dari APBD Kabupaten Jombang 2020.

ASN golongan I dialokasikan Rp 261 juta, gol II Rp 5,5 miliar, golongan III Rp 16,4 miliar, dan gol IV Rp 16 miliar. “Untuk pensiunan ada alokasi tersendiri, tidak masuk di APBD,” pungkasnya.

(jo/mar/mar/JPR)

 TOP