alexametrics
Selasa, 29 Sep 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Bupati Jombang Paparkan Progress Pembangunan ke Menteri Desa PDTT

10 Agustus 2020, 06: 35: 42 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyerahkan kenangan-kenangan berupa foto kepada Menteri Desa PDTT.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyerahkan kenangan-kenangan berupa foto kepada Menteri Desa PDTT. (HUMAS PROTOKOL KABUPATEN JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan paparan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah 2018 - 2020, Kepada Menteri Desa (Mendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI DR. HC Drs. H. Abdul Halim Iskandar, MPd saat acara kunjungan kerja sekaligus silaturahmi di Gedung Bung Tomo, Sabtu (8/8) pagi.

Hadir dalam kesempatan itu, Abdul Halim Iskandar didampingi istri Lilik Umi Nashiah, Ketua DPRD Jombang Masud Zuremi, jajaran ketua fraksi dan komisi, jajaran Forkopimda, kepala OPD, dan seluruh camat se Kabupaten Jombang.

Mewakili aspirasi masyarakat Kabupaten Jombang, Mas'ud Zuremi, Ketua DPRD Kabupaten Jombang menyampaikan ucapan selamat datang  sekaligus ucapan terima kasih atas kehadiran Mendes PDTT untuk berkoordinasi terkait program pembangunan ke depan yang dapat disinkronkan dengan Pemkab Jombang.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan program Kemendes PDTT kepada jajaran OPD pemkab Jombang.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan program Kemendes PDTT kepada jajaran OPD pemkab Jombang. (HUMAS PROTOKOL KABUPATEN JOMBANG)

Pertemuan tersebut sekaligus menjadi ajang silaturahmi temu kangen dengan Bupati Jombang Bupati Mundjidah Wahab, seluruh OPD, mantan Pejabat lingkup Pemkab Jombang serta jajaran DPRD Kabupaten Jombang. “Sebab pak Halim ini menjadi Ketua DPRD Jombang selama 2 periode, demikian DPRD Jawa Timur berada di posisi Wakil Ketua dan Ketua selama 2 periode. Saya menyebutnya Pak Menteri Ndeso, karena asli Jombang. Jadi cocok kader desa yang menjadi Menteri Desa. Untuk itu harapan masyarakat Jombang bawalah rakyat dan masyarakat desa di Kabupaten Jombang bahkan  seluruh Indonesia ini  hidup lebih menjadi sejahtera,” ujar Masud Zuremi Ketua DPRD Jombang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab memaparkan progress pembangunan Kabupaten Jombang.  Bupati menyebut, sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah 2020 yang visinya adalah bersama mewujudkan Jombang yang berkarakter dan berdaya saing.

Bupati juga menyampaikan terkait program unggulan Bulaga (Bupati Melayani Warga) di Jombang. “Pelebaran jalan dan pembangunan jalan sudah halus semua. Sudah cor semua. Demikian dengan pelebaran jalan Wonosalam. Termasuk perencanaan pembangunan stadion bertaraf nasional, juga pembangunan pasar daerah,” imbuhnya.

Pihaknya juga menyampaikan, perkembangan nilai alokasi dana desa di Kabupaten Jombang yang kini sudah mencapai Rp 280 miliar dengan capaian realisasi sudah 79,53 persen. Di Kabupaten Jombang telah terwujud kemandirian desa. “Sudah ada 14 Desa mandiri dan sudah tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Jombang” papar Bupati Jombang.

Sementara itu, Abdul Halim Iskandar Menteri Desa  Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI mengatakan, perkembangan terkini penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa yang telah capai 99 persen.

“Rencana BLT DD akan kita salurkan sampai dengan Desember. Namun kita masih membutuhkan alokasi anggaran hingga Rp 53 Miliar untuk desa-desa yang telah habis disalurkan,’’ ujar dia.

Halim menambahkn, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengenai Desa Aman Covid-19, maka alokasi dana desa bakal lebih difokuskan pada pengadaan masker. “Kita akan melakukan gerakan masif pengadaan masker yang diproduksi oleh desa, tapi sosialisasi dan gerakan pembagian masker ke rumah-rumah dilakukan oleh ibu-ibu PKK,” pungkas Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP