alexametrics
Jumat, 02 Oct 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Uji Swab Kedua, Istri Wabup Jombang Terkonfirmasi Negatif Covid-19

09 Agustus 2020, 08: 43: 30 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Rumah Dinas Wakil Bupati Jombang

ILUSTRASI: Rumah Dinas Wakil Bupati Jombang (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Uji swab kedua istri Wabup Sumrambah, Wiwin Isnawati dilakukan pagi kemarin (8/8). Hasilnya, Ketua TP PKK Jombang ini dinyatakan negatif menyusul empat istri pejabat lain. Selanjutnya, uji swab ketiga segera dilakukan kepada empat pejabat yang dirawat di RSUD Jombang.

”Kalau mengacu pada revisi kelima Kementerian Kesehatan,  harusnya hari ini isolasi terakhir 14 hari, tapi beliau adalah pejabat publik maka saran dari kami adalah isolasi mandiri sampai 15 Agustus,” kata Koordinator Bidang Penanganan Gugas PP Covid-19 Kabupaten Jombang, dr Pudji Umbaran kemarin.

Langkah aman isolasi mandiri itu untuk memastikan kondisi kesehatannya. Namun seandainya ada kepentingan mendadak keluar rumah, maka ia menyarankan harus dilakukan dengan protokol Covid-19.

Usai terkonfirmasi positif Covid-19, istri wabup memang menjalani isolasi mandiri di rumah dinas (rumdin). Perkembangan kesehatannya terus dipantau dan Sabtu (8/8) dijadwalkan uji swab kedua. Sampai saat ini kondisi Wiwin dilaporkan sehat dan tidak ada keluhan berarti. ”Alhamdulillah batuknya sudah menurun. Hasil rontgen sudah bersih, tidak ada pneumonia,” tambahnya. 

Sementara, untuk para pejabat dan istri yang dirawat di RSUD Jombang hingga Sabtu kemarin (8/8) belum ada satupun  yang dipulangkan. Meski ada empat istri yang sudah dinyatakan negatif uji swab. Pemulangan para pejabat itu dilakukan setelah benar-benar sehat secara klinis dan laboratoris. ”Sejauh ini belum ada yang dipulangkan, nanti kita diskusikan dulu dengan tim,” ujar dia.

Alasannya, mereka adalah pejabat publik sehingga sangat rentan berkomunikasi dengan masyarakat luas. ”Jadi harapan kita betul betul aman mengingat beliau pejabat publik yang nanti ketika pulang bisa berinteraksi dengan masyarakat luas,” tambahnya.

Saat ditanya perkembangan kondisi mereka, Pudji dengan tegas menyebut semua membaik. Baik kesehatan fisik maupun nafsu makan yang bertambah. ”Kemarin kita lakukan foto rontgen dan Alhamdulilah hasilnya juga ada perbaikan,” papar dia.

Untuk selanjutnya, direncanakan uji swab lanjutan kepada para pejabat untuk mengevaluasi perkembangan terakhir. Kecuali para istri pejabat yang uji swab kedua sudah dinyatakan negatif. ”Jadwal uji swab kita lakukan tanggal 12 lusa. Mudah- mudahan segera negatif semua,” tandasnya.  

Seperti diberitakan sebelumnya, total ada 10 pejabat beserta istri terkonfirmasi Covid-19 dan dirawat di RSUD Jombang. Mereka adalah Sekdakab Akhmad Jazuli beserta istri Nuriyatin, Kepala Dispendukcapil Masduqi Zakaria beserta istri Diyah Zakaria, Sri Saleh (istri Kepala Dinsos), Kabag Pemerintahan Bambang Sriyadi beserta istri Yayan Sriyadi, dr Heri Wibowo beserta istri Ririn Probowati (Ketua Stikes Pemkab) dan terakhir Camat Perak Syamsul Arifin.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP