alexametrics
Jumat, 02 Oct 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

DPRD Jombang Ajukan Pokir Rp 10 Miliar dari APBD untuk Bantuan UMKM

08 Agustus 2020, 16: 59: 53 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang M.Saleh

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang M.Saleh (WENNY ROSALINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Dampak wabah korona mendapat perhatian serius dari anggota dewan. Para wakil rakyat mengajukan anggaran Rp 10 miliar, dikemas dalam program Pokok Pikiran (pokir). Dana ini akan disalurkan sebagai bantuan sosial untuk UMKM.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang M.Saleh mengatakan, pihaknya bersama OPD terkait sudah menggelar rapat koordinasi membahas persiapan realisasi bantuan UMKM. ”Anggaran bantuan UMKM sudah siap, Rp 10 miliar. Sumbernya dari program pokir anggota dewan,” kata Saleh kepada Jawa Pos Radar Jombang.

OPD yang menjadi leading sector program bantuan ini, kata Saleh adalah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang. ”Karena sasarannya adalah UMKM, bukan penerima manfaat bantuan berdasar DTKS atau bantuan Covid-19 sebelumnya. Jadi harus benar-benar UMKM yang belum pernah mendapat bantuan,” lanjutnya.

Melalui program pokir itu, usulan penerima bantuan kata Saleh akan melibatkan kalangan dewan. ”Selain dari desa, usulan juga bisa langsung dari DPRD. Nanti akan diverifikasi datanya oleh OPD yang menjadi leading sector. Kami pun juga mungkin akan terlibat, untuk mencocokkan data penerima bantuan sebelumnya, agar tidak terjadi bantuan dobel,” imbuh Saleh.

Saleh menambahkan, program bantuan UMKM terdampak Covid-19 sudah disepakati bersama legislatif. ”Proses verifikasi juga dilakukan untuk memastikan penerima benar-benar UMKM. Perkiraan, satu penerima mendapat bantuan Rp 1-2 juta,” pungkas Saleh.

(jo/mar/mar/JPR)

 TOP