alexametrics
Jumat, 25 Sep 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Positif Covid-19 di Jombang Masih Terus Tambah, Kini Tembus 533 Kasus

05 Agustus 2020, 07: 13: 43 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Covid-19.

ILUSTRASI: Covid-19. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh hingga awal Agustus ini signifikan. Hingga kemarin, total ada 413 pasien yang mengalami kesembuhan. Kendati demikian, temuan kasus baru masih terus ada bertambah hingga secara kumulatif mencapai 533 kasus.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Jombang di laman Dinkes, penambahan pasien sembuh kemarin tercatat lima orang. Meliputi Kecamatan Jombang dua orang, Kecamatan Kesamben satu orang, Kecamatan Jogoroto satu orang dan Kecamatan Plandaan satu orang.

”Kesembuhan saat ini mencapai 413 dari total kasus sebanyak 533,” kata Budi Winarno Humas Gugas PP Covid-19 Jombang, siang kemarin (4/8).

Sementara, total penambahan kasus terkonfirmasi positif ada sembilan. Masing-masing dari Kecamatan Jombang satu orang, Kecamatan Mojoagung dua orang, Kecamatan Diwek satu orang, Kecamatan Perak satu orang serta empat dengan status lain-lain. ”Ada empat dengan status lain-lain itu adalah tahanan kejari yang kemarin dinyatakan positif Covid-19,” ujarnya. 

Berdasar laporan yang dia terima, saat ini masih ada 75 pasien yang sedang menjalani perawatan. Selain dirawat di rumah sakit yang ada di Jombang, hampir separo menjalani isolasi mandiri dirumah karena tanpa gejala. ”Yang menjalani isolasi mandiri ada 31 orang,” jelas Budi. 

Adapun yang mejalani perawatan di rumah sakit tercatat 44 orang. ”Diantaranya 24 orang di RSUD Jombang,  8  rumah sakit lain, lima RSUD Ploso, empat RSK Mojowarno, satu di RS Unipdu dan dua di RSI Jombang,” papar dia sembari menyebut ada delapan pasien menjalani isolasi di rumah sakit luar Jombang. 

Dikonfirmasi terpisah, dr Mochammad Sjarifudhin Ketua Satgas Penanganan Covid-19 IDI Cabang Jombang mengatakan, sesuai pemetaan yang dilakukan Pemprov Jawa Timur hingga Senin (3/8) Kabupaten Jombang masih zona merah.

Dengan begitu, percepatan dalam penemuan kasus yang dilakukan Gugas PP harus terus dilakukan. ”Begitu juga dengan pelacakan tracing dan karantina mandiri semua kontak erat yang tidak bergejala harus dilakukan,” ujarnya.

Dia juga menyarankan agar temuan terhadap kontak erat yang bergejala langsung dilakukan uji swab PCR. ”Sebab tak memungkinkan jika mereka juga terpapar Covid-19,” tegasnya.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP