alexametrics
Jumat, 25 Sep 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Cek Kondisi Rampung, Terminal Kepuhsari Segera Dikelola Provinsi

04 Agustus 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Terminal Kepuhsari

Terminal Kepuhsari (AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Proses penyerahan aset terminal Kepuhasari, Peterongan dari pemkab Jombang ke Pemprov Jatim segera tuntas. Setidaknya dari tindak lanjut tim pemprov Jatim mengecek kondisi terminal.

“Jadi Rabu (29/7) kemarin, provinsi sudah cek ke sini lengkap. Tim aset, ada dari Bappeda (Badan Perencanaam Pembangunan Daerah), hukum dan pemerintahan,” kata Hartono Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jombang dikonfirmasi Minggu (2/8) kemarin.

Dijelaskan, pengecekan itu dilakukan sebagai tindak lanjut usai pemkab menyerahkan aset itu ke pemprov. “Sekarang tinggal menunggu dilakukan pendatanganan berita acara serah terima aset. Secara resmi seperti itu, kan harus bupati dengan gubernur,” imbuh dia.

Menurutnya, tidak ada perubahan luas atau pun mana saja yang diserahkan ke provinsi. Sama dengan data yang sebelumnya dikirim. “Sesuai sertifikat terminal, jadi di atas lahan ini ada bangunan apa saja,” sambung Hartono.

Kendati begitu, untuk personil lanjut Hartono, pemkab tak menyerahkan ke pemprov. Alasannya, karena di area terminal pemkab tak memiliki ASN. “Tidak ada yang kita serahkan, karena di sini tidak ada PNS, tenaganya non PNS. Jadi hanya terminal saja yang diserahkan ke sana,” beber dia.

Usai pengecekan itu, pihaknya menunggu langkah bagian administrasi pemerintahan Setdakab Jombang. “Jadi difasilitasi biro pemerintahan provinsi dengan bagian administrasi pemerintahan. Kita sifatnya hanya menerima saja, entah kapan serah terimanya, nanti akan dikirim provinsi. Karena penadatanganan tidak bersama-sama,” pungkas Hartono.

Sebelumnya, proses penyerahan dan pengelolaan aset terminal Kepuhsari ke Pemprov Jatim mulai ada kejelasan. Itu setelah pemkab sudah merampungkan proses pemecahan sertifikat sesuai permintaan pemprov.

M Nashrulloh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jombang menerangkan, proses pemecahan sertifikat aset terminal Kepuhsari sudah rampung. “Jadi pemecahan sertifikat kemarin sudah selesai, dan tinggal diserahkan ke provinsi,” katanya saat dikonfirmasi.

Dikatakan, usai pemecahan sertifikat selesai, pihaknya sudah menyerahkan berkasnya ke Setdakab Jombang. “Sekarang posisinya sudah di bagian administrasi pemerintahan. Jadi nanti itu ada BAST (Berita Acara Serah Terima, Red) dan BAP (Berita Acara Penerimaan, Red). Yang menangani kemarin memang di bagian aset, karena sudah selesai diserahkan ke sana (bagian administrasi pemerintahan, Red),” imbuh dia.

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP