alexametrics
Jumat, 07 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

4 Tahanan Positif, Gugas PP: Potensi Penularan ke Tahanan Lain Kecil

02 Agustus 2020, 09: 15: 59 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Covid-19.

ILUSTRASI: Covid-19. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Langkah yang dilakukan Gugas PP Covid-19 Kabupaten Jombang setelah ada empat tahanan yang terkonfirmasi positif Covid-19, hanya terfokus pada perawatan. Ini setelah potensi penularan ke tahanan lain kemungkinan sangat  kecil.

“Kalau potensi penularan saya kira sangat kecil, masing-masing lembaga baik di tahanan polres maupun lapas sudah ketat SOP-nya,” terang Budi Winarno, Humas Gugas PP Covid-19 Kabupaten Jombang kemarin.

Budi menyebut, empat orang tahanan yang positif itu dipastikan belum menghuni ruang tahanan umum. Mereka merupakan tahanan yang baru dipindah dari Polres Jombang ke Lapas Jombang. “Jadi masuk lapas itu kan harus di-rapid test dulu, kalau reaktif masuk ke ruang isolasi selama 14 hari. Jika hasilnya nonreaktif baru masuk sel umum. Nah yang kemarin itu belum masuk sel umum,” lanjutnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk tiga orang tahanan yang sempat dinyatakan reaktif rapid test kemarin. Mereka kini masih menghuni sel karantina khusus di lapas.

Setelah dinyatakan positif, Budi menyebut perawatan keempat orang tahanan akan menjadi tanggung jawab pemkab. Hingga mereka dinyatakan sembuh dan bisa kembali ke lapas. “Yang jelas mereka sudah berada di RSUD, sudah dikarantina. Jadi perawatan diberikan sebagaimana harusnya. Tapi untuk kelanjutan proses hukum kita kembalikan ke kejari,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, empat tahanan Kejaksaan negeri (Kejari) Jombang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Mereka, kini menjalani karantina terpusat di ruang isolasi milik RSUD Jombang.

Empat orang itu, berasal dari tujuh tahanan kejari yang kini masih dalam proses dan menuju persidangan. Ketujuhnya dinyatakan reaktif rapid test, sehingga berlanjut pada pemeriksaan uji swab. Dari uji swab Kamis (30/7) itulah empat diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia