alexametrics
Kamis, 06 Aug 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

RSUD Jombang Bagi Daging Kurban untuk Warga Sekitar dan Panti Asuhan

Penyembelihan dengan Protokol Kesehatan

02 Agustus 2020, 07: 01: 00 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran saat ikut memotong hewan kurban kemarin.

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran saat ikut memotong hewan kurban kemarin. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Pandemi tak menyurutkan keluarga besar RSUD Jombang berkurban. Tahun ini, enam ekor sapi dan empat kambing disiapkan. Penyembelihan dihadiri langsung Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran dan jajaran managemen dengan jumlah terbatas, lengkap dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di sebelah timur Paviliun Kenang sekitar pukul 08.00. Dalam sambutannya, Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran menyampaikan terimakasih kepada seluruh karyawan/karyawati baik di tingkat struktural maupun pelayanan yang sudah menyumbangkan rezeki untuk berkurban. ”Alhamdulillah  tahun ini ada enam sapi dan empat kambing,” ujarnya.

Karena Idul Adha berlangsung di tengah pandemi, RSUD Jombang menjalankan protokol kesehatan secara tegas. Baik kepada panitia yang bertugas menjalankan di lapangan maupun lokasi penyembelihan hewan kurban. ”Jumlah panitia kami batasi, begitu juga dengan lokasi penyembelihan kita semprot disinfektan sebelum digunakan,” tambahnya.

Tak hanya itu, panitia juga wajib mengenakan masker, handscoon serta pelindung tubuh. ”Untuk setiap panitia kita berikan alat sendiri-sendiri, mulai dari pisau, plastik untuk wadah hewan maupun peralatan lain,” jelas dia. Bahkan  teknis pemotongan daging kurban, panitia tidak diperbolehkan duduk berhadapan. Mereka harus duduk bersinggungan untuk menghindari tatap muka di tempat yang sama. ”Saat pembagian daging pun tidak ada antrean,” jelasnya lagi.

Daging hasil kurban itu disalurkan ke masyarakat kurang mampu di sekitar RSUD Jombang. Termasuk ke beberapa panti asuhan di Jombang. ”Harapan kita pembagian daging kurban ini dapat meringankan masyarakat luas. Ini wujud kepedulian kita karena tidak berhenti berbagi di saat pandemi seperti sekarang,” pungkas Pudji.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia