alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Dari 7 Tahanan Kejari Jombang yang Reaktif, 4 Positif Covid-19

01 Agustus 2020, 09: 29: 41 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Covid-19.

ILUSTRASI: Covid-19. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Empat orang yang seluruhnya tahanan Kejaksaan negeri (Kejari) Jombang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Mereka, kini menjalani karantina terpusat di ruang isolasi milik RSUD Jombang.

“Benar, memang ada empat tahanan statusnya terkonfirmasi sejak Kamis malam kemarin (30/7),” terang dr Pudji Umbaran Koordinator Bidang Penanganan Gugas Covid-19 Kabupaten Jombang.

Pudji, menjelaskan awalnya ia mendapat permintaan untuk melakukan pemeriksaan terhadap tujuh orang tahanan dari Kejaksaan Negeri Jombang. Pemeriksaan itu dilakukan karena mereka akan dikirim ke Lapas Klas IIB Jombang. Dalam pemeriksaan awal itulah diketahui hasil seluruhnya reaktif rapid test.

“Permintaan dari Kasi Pidum Kejari Jombang karena untuk jaga-jaga sebelum masuk dan bergabung bersama ratusan tahanan lain, harus dilakukan langkah, ternyata hasilnya reaktif,” lanjutnya.

Kemudian Kamis sore, ketujuh tahanan pria itu kemudian dibawa ke RSUD Jombang untuk menjalani pengambilan sampel uji swab. Sampel ini diuji pada alat PCR RSUD Jombang. “Hasilnya dari tujuh orang ini, empat dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, sisanya negatif,” tambahnya.

Kendati demikian, Pudji menyebut tak mengetahui pasti asal keempat tahanan yang positif tersebut. “Dari mana dia, atau dalam kasus apa kami tidak tahu, yang jelas seluruhnya laki-laki,” imbuh dia. Sehingga tiga orang yang dinyatakan negatif, kini telah kembali menjalani penahanan di Lapas Jombang. Sementara empat orang yang terkonfirmasi, harus ditahan di RSUD Jombang untuk menjalani isolasi.

“Sekarang posisinya di ruang isolasi, kondisinya baik dan tidak menunjukkan keluhan maupun gejala berarti,” imbuhnya. Keempat orang ini akan menjalani karantina hingga mereka dinyatakan negatif Covid-19 dan baru diperbolehkan menghuni lapas.

Sementara itu Kasi Pidum Kejari Jombang Tedhy Widodo ketika dikonfirmasi membenarkan adanya tahanan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kendati demikian pihaknya belum mau membeber lebih rinci keempat tahanan yang diperiksakan ke RSUD Jombang tersebut.

Hanya disampaikan kalau mereka sebelumnya berada di Lapas Jombang. “Itu benar, kondisi selengkapnya Senin akan disampaikan langsung Pak Kajari,” pungkasnya.

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia