alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Bupati Hj Mundjidah Wahab Serahkan Tiga Ekor Sapi untuk Masjid Agung

01 Agustus 2020, 09: 24: 19 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Setelah salat, bupati menyerahkan tiga ekor sapi kurban kepada pengurus masjid. Selain dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, sapi kurban tersebut dari Bupati Jombang dan Wakil Bupati Jombang.

Setelah salat, bupati menyerahkan tiga ekor sapi kurban kepada pengurus masjid. Selain dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, sapi kurban tersebut dari Bupati Jombang dan Wakil Bupati Jombang. (WENNY ROSALINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, kemarin melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. Setelah salat, bupati menyerahkan tiga ekor sapi kurban kepada pengurus. Selain dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, sapi kurban tersebut dari Bupati Jombang dan Wakil Bupati Jombang.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa merayakan Idul Adha. Saya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1441 H dan selamat menjalankan ibadah qurban,” ucap Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab. Orang nomor satu di Jombang ini menjalani salat id dengan protokol kesehatan. Selain jaga jarak, ia juga menggunakan masker dan tidak bersalaman satu sama lain.

Protokol kesehatan inipula yang dicontohkan dan diterapkan oleh semua jamaah salat id di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. Ia menyampaikan, ibadah pertama dan utama dalam Idul Adha adalah pelaksanaan ibadah haji. Namun akibat Covid-19 yang mewabah di berbagai penjuru dunia, calon jamaah haji Indonesia tahun ini tidak diberangkatkan ke tanah suci, termasuk Jombang.

Hal ini dilakukan pemerintah untuk menjaga keselamatan jiwa jamaah agar tidak terpapar virus Covid-19, sehingga wajar kebijakan yang dikeluarkan pemerintah saat ini sejalan dengan Fikih Islam. “Pertimbangan paling utama adalah menjaga keselamatan jiwa, dan menjaga keberlangsungan agama melalui rukhshah,” tegasnya.

Bagi calon jamaah haji, tentu keputusan ini cukup berat diterima. Tapi ada hikmah besar yang bisa diambil dari keputusan ini. “Yaitu kesabaran dan kepasrahan kepada Allah SWT,” tutur bupati. Lebih dari itu, dalam suasana pandemi ia berharap tidak menurunkan semangat umat muslim di Jombang untuk beribadah, termasuk berkurban. Bagi masyarakat yang memiliki kemampuan namun belum berkurban, masih ada waktu tiga hari ke depan.

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua masyarakat Jombang yang telah mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan salat id dan pemotongan hewan kurban.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia