alexametrics
Selasa, 04 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Sisa Pasien Covid-19 yang Dirawat; 20 di RSUD Jombang, 5 di RSUD Ploso

31 Juli 2020, 09: 01: 31 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Covid-19.

ILUSTRASI: Covid-19. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Kesembuhan pasien terkonfirmasi Covid-19 di Jombang semakin banyak. Jumlah pasien yang dirawat terus berkurang. Kini, pasien yang dirawat di RSUD Jombang hanya 20 orang. Sementara di RSUD Ploso tinggal lima orang dan RSK Mojowarno empat orang.

Pada tabel yang dirilis Dinkes Jombang pukul 10.00 kemarin (30/7) mencatat, 20 pasien masih menjalani perawatan di RSUD Jombang. Dari 20 pasien itu 13 diantaranya dari Kecamatan Jombang, dua dari Kecamatan Sumobito, dua dari Kecamatan Perak. Selain itu ada pasien dari Kecamatan Diwek, Mojoagung dan Kecamatan Mojowarno masing-masing satu orang.

“Tapi lebih dari 20, lebih berapa saya tidak hafal, sembilan diantaranya pejabat dan istri,” ungkap dr Pudji Umbaran Direktur RSUD Jombang. Sejauh ini RSUD Jombang memang fokus untuk menangani pasien dalam kondisi sedang dan berat. Pasien dalam kategori tanpa gejala atau kondisi ringan hanya Ny Nuriyatin Jazuli, istri Sekdakab Jombang Akhmad Jazuli. “Ya, karena beliau harus mendampingi pak sekda menjalani perawatan,” tambahnya.

Sementara itu di RSUD Ploso, pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan ada lima orang. Dengan sembilan pasien suspect. Direktur RSUD Ploso dr Iskandar Dzulqornain menyebut, semua pasien yang dirawat dengan kondisi sakit dan membutuhkan perawatan medis. Mereka belum memenuhi persyaratan pulang lantaran kondisi belum sepenuhnya stabil.

Melihat hal ini kapasitas ruang isolasi yang sebelumnya sudah disiapkan untuk perawatan pasien Covid-19, menjadi lebih longgar. Namun ruang yang longgar tidak segera dikembalikan pada fungsi semula. Ia menyebut, tetap dijadikan ruang isolasi sampai masa darurat Covid-19 selesai. “Masih tetap waspada, setidaknya sampai masa tanggap darurat dicabut,” pungkasnya.

Jika dilihat dari tabel yang dirilis Dinkes, ada empat pasien yang dirawat di RSK Mojowarno. Rumah sakit swasta lain di Jombang kosong. Berbeda dengan rumah sakit luar Jombang ada sepuluh pasien dirawat. Serta 40 pasien lainnya menjalani isolasi mandiri.

Sementara, jumlah kesembuhan kemarin bertambah lagi menjadi 387 orang. Setelah ada penambahan dua pasien dari Kecamatan Mojowarno dan satu pasien dari Kecamatan Jombang. Sedangkan pasien yang meninggal dunia 43 orang. Jumlah secara kumulatif kasus terkonfirmasi Covid-19 di Jombang 512 denga penambahan satu pasien dari Kecamatan Diwek.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia