alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Visitasi Tim Jatim Lihat Kelayakan Alat PCR di RSUD Ploso Ditunda

31 Juli 2020, 09: 00: 00 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Polymerase Chain Reaction (PCR) milik RSUD Ploso.

Polymerase Chain Reaction (PCR) milik RSUD Ploso. (IST/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – RSUD Ploso sudah memiliki polymerase chain reaction (PCR) sendiri untuk diagnosis Covid-19. Sayangnya, visitasi dari Pemprov Jatim untuk melihat kesiapan PCR di RSUD Ploso ditunda. Akibatnya PCR sampai akhir pekan ini belum bisa beroperasi.

“Sampai saat ini masih belum bisa dipakai, karena masih menunggu visitasi dari tim provinsi,” ungkap dr Iskandar Dzulqornain Direktur RSUD Ploso kemarin. Ia menyampaikan, visitasi rencananya akan dilakukan minggu ini. Namun rencana tersebut ditunda dan dijadwal kembali minggu depan.

Dalam kegiatan visitasi itu, lanjut dia, tim  akan melihat setting ruangan yang akan digunakan untuk memeriksa. Berikut sarana prasarana pelengkap lain. Tim juga akan melihat kemampuan SDM yang sudah disiapkan. Sekaligus memantau standar pperasional prosedur (SOP).

Ditanya kesiapan RSUD Ploso, Iskandar mengaku semua sudah dipersiapkan. Selain ruangan, SDM tenaga di RSUD Ploso juga disebut sudah siap. Diantaranya seorang dokter spesialis patologi klinik dan tiga orang analis. “Mereka sudah dilatih dan sudah bisa melakukan pemeriksaan PCR,” tambahnya.

Untuk diketahui, PCR bantuan di RSUD Ploso belum bisa digunakan mendeteksi Covid-19. PCR hasil pengajuan Pemkab Jombang ke Gugas PP Pusat itu sedianya untuk RSUD Jombang sebagai rumah sakit rujukan. Namun setelah RSUD Jombang sudah memiliki alat PCR sendiri, maka PCR bantuan diletakkan di RSUD Ploso sebagai rumah sakit penyangga.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia