alexametrics
Kamis, 13 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Tunggu Alat Tambahan, PCR Bantuan di RSUD Ploso Masih Belum Beroperasi

29 Juli 2020, 16: 00: 59 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Covid-19.

ILUSTRASI: Covid-19. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Mesin polymerase chain reaction (PCR) yang digunakan untuk mendiagnosa Covid-19 di RSUD Ploso masih belum bisa digunakan. Ini setelah ada beberapa hal termasuk alat tambahan yang harus dilengkapi. Termasuk keamanan tenaga kesehatan yang akan melakukan pemeriksaan.

“Masih belum mulai operasional hari ini, doakan segera bisa operasional agar segera bisa dimanfaatkan,” ucap dr Iskandar Dzulqornain Direktur RSUD Ploso kemarin (28/7). Menurutnya, beberapa hal sudah final seperti setting dan instalasi alat. Hanya saja, masih menunggu bahan dan perlengkapan lain dari provinsi.

Termasuk memastikan jika alat tersebut aman bagi petugas yang akan melakukan pemeriksaan. PCR yang berada di RSUD Ploso ini merupakan PCR bantuan dari BNPB. “Jadi kita tidak beli sendiri, tapi bantuan BPNB atau dari Gugas PP Covid-19 pusat,” jelas Iskandar.

PCR ini merupakan hasil pengajuan Pemkab Jombang beberapa waktu lalu. Hanya saja, karena di RSUD Jombang sebagai rumah sakit rujukan sudah memiliki alat PCR sendiri. Maka PCR bantuan dari pemerintah pusat diletakkan di RSUD Ploso sebagai rumah sakit penyangga.

Sebelumnya, Iskandar memerkirakan, Selasa (28/7) atau Rabu (29/7) mesin PCR di RSUD Ploso sudah bisa digunakan. Setelah ada persiapan akhir. Ia menyebut, ada beberapa orang yang akan diprioritaskan untuk diperiksa, salah satunya tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Ploso. Berdasarkan panduan, tenaga kesehatan memang harus menjalani uji swab, termasuk kiriman pasien dari luar RSUD Ploso atas permintaan Dinas Kesehatan Jombang.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia