alexametrics
Selasa, 04 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Telusuri Asal Limbah di Desa Tinggar, Polisi Segera Terjunkan Tim

16 Juli 2020, 17: 57: 23 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Temuan limbah jenis bahan berbahaya beracun (B3 ) di Desa Tinggar, Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Temuan limbah jenis bahan berbahaya beracun (B3 ) di Desa Tinggar, Kecamatan Bandarkedungmulyo. (ACHMAD RIZA W/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG –  Temuan limbah jenis bahan berbahaya beracun (B3 ) di Desa Tinggar, Kecamatan Bandarkedungmulyo mendapat respons dari pihak kepolisian. Korps Bhayangkara segera menerjunkan tim ke lokasi.

”Ya, kita sudah terima informasinya, ini akan jadi bahan kami untuk melangkah menindaklanjuti temuan limbah B3 itu,” terang Kasatreskrim Polres Jombang AKP Cristian Kosasih.

Cristian menyebut, karena dirasa sudah cukup meresahkan masyarakat, pihaknya akan mengambil sikap kaitannya dengan pembuangan limbah itu. ”Yang jelas kita akan segera terjunkan tim dulu ke lapangan, kita lihat kondisinya di sana bagaimana,” lanjutnya.

Setelah mendapat info akurat, pihaknya menyebut akan segera melakukan upaya pemanggilan kepada pihak-pihak yang berkaitan dengan pembuangan limbah berbahaya itu. ”Pasti akan kita panggil nanti, tapi kita akan kumpulkan data dulu di lapangan,” imbuhnya.

Sebelumnya, keberadaan tumpukan limbah di perbatasan Desa Tinggar dan  Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo dikeluhkan warga. Menyusul dampak bau yang ditimbulkan dari limbah diduga jenis slag aluminium ini. ”Baunya itu bikin sesak. Panas juga kalau ke mata,” ujar M, salah satu warga sekitar.

Sementara itu, usai menerima pengaduan, tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang sudah turun ke lokasi. Dari hasil pengecekan di lapangan, DLH memastikan jenis limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3).

”Untuk cek lokasi, sudah kita lakukan, tapi tidak ada pengambilan sampel. Karena dari pengecekan sudah bisa dipastikan itu limbah abu aluminium, sudah pasti B3,” terang Yuli Inayati, Kabid Wasdal Gakkum DLH Jombang.

Sudah Kantongi Dua Nama

SEMENTARA itu, polemik pembuangan limbah jenis B3 di area persawahan direspons pihak kecamatan. Dari hasil penelusuran di lokasi, pihak kecamatan sudah mengantongi sejumlah nama yang diduga bertanggung jawab terkait limbah.

“Jadi sebelum tim kabupaten kemarin turun, saya sudah tinjau ke lokasi,” kata Mahmudi  Camat Bandarkedungmulyo dikonfirmasi Rabu (15/7).

Dari informasi yang berhasil dia gali, ada dua nama yang berhasil dia kantongi terkait pembuangan limbah berbahaya di wilayahnya itu. ”Pemilik kandang pak AG, dan yang ngirim katanya pak WD, warga setempat,” bebernya.

Pihaknya kemudian menindaklanjuti ke pemerintah desa untuk memastikan titik lokasi pembuangan limbah. ”Lokasinya masuk Desa Tinggar,” sambung dia.

Baik pemerintah Desa Tinggar dan Karangdagangan sama-sama menegaskan belum selama ini tidak pernah mengeluarkan izin pembuangan limbah. “Jadi tidak ada izin dari pemerintahan desa. Dulu pernah diingatkan tidak boleh,” beber dia.

Kendati begitu lanjut Mahmudi, untuk problem ini tengah ditangani Pemkab Jombang. “Jadi sudah ditangani tim kabupaten,” pungkas Mahmudi.

(jo/riz/fid/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia