alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Pandemi Covid-19, Wisata Air Terjun Tretes Wonosalam Masih Ditutup

13 Juli 2020, 17: 12: 53 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

DITUTUP: Wisata Air Terjun Tretes di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam masih ditutup.

DITUTUP: Wisata Air Terjun Tretes di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam masih ditutup. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Dampak pandemi Covid-19, membuat sejumlah destinasi wisata masih ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. Seperti Wisata Air Terjun Tretes yang terletak di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam kemarin (12/7). Kendati demikian, masih cukup banyak pengunjung yang nekat datang.

Pantauan di lokasi, tampak beberapa plakat pengumuman penutupan wisata air terjun dipasang di sejumlah titik. Beberapa pedagang setempat hingga petugas parkir juga tak ada di lokasi. Namun, sejak siang hingga sore masih ada sekitar belasan orang yang datang silih berganti.

Salah satu pengunjung asal Kota Pahlawan, Surabaya Fitriana, 27, mengatakan, dia tertarik mengunjungi wisata air terjun Tretes. ”Karena tempatnya asri dan belum begitu banyak dikunjungi orang,” ujar dia kepada wartawan koran ini.

Untuk menuju lokasi Air Terjun Tretes, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer (km) dari pusat kota Jombang. Sementara untuk menuju air terjun Tretes dari titik pemberhentian terakhir yakni Dusun Pengajaran, wisatawan masih harus menempuh jarak sepanjang 3,5 kilometer melalui jalan setapak, yang hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. ”Medannya menantang, tapi setelah sampai terbayar dengan keindahan air terjun Tretes,” tambahnya.

Wisata yang masuk dalam kawasan Hutan Raya Raden Soerjo di bawah naungan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur memiliki ketinggian sekitar 158 meter. ”Saya baru pertama kali ke sini. Kebetulan saat liburan di rumah teman di Jombang saya diajak ke sini,” pungkasnya.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia