alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Positif Baru Tambah 17 Orang, Kasus Covid-19 di Jombang Masih Tinggi

12 Juli 2020, 15: 44: 51 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Covid-19.

ILUSTRASI: Covid-19. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Persebaran virus Covid-19 di Kabupaten Jombang masih tinggi. Hingga Sabtu kemarin (11/7), jumlah terkonfirmasi positif bertambah lagi 17 orang yang tersebar di sembilan kecamatan. Meski begitu, tingkat kesembuhan juga cukup menggembirakan karena tambah 15 orang.

Berdasarkan pantauan di laman resmi Dinkes Jombang petang menyebut, tambahan 17 orang berasal dari sembilan kecamatan. Paling banyak tambahan positif ini masih berasal dari Kecamatan Peterongan sebanyak lima orang. Disusul dua orang masing-masing dari Kecamatan Jombang, Mojoagung, Ploso, dan Bandarkedungmumyo. Serta satu orang dari Kecamatan Jogoroto, Gudo, Ngusikan dan Kecamatan Bareng. Sehingga secara kumulatif pasien terkonfirmasi menjadi 356 orang.

Yang menggembirakan, masih dari laman sama, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 juga bertambah cukup banyak. Seluruhnya 15 orang. Rinciannya, tujuh orang dari Kecamatan Peterongan, empat dari Kecamatan Jogoroto, satu orang masing-masing dari Kecamatan Sumobito, Jombang, Mojowarno dan Gudo. Sehingga jumlah pasien sembuh kumulatif terdapat 98 orang. Sementara pasien meninggal dunia tetap 26 orang.

Tingginya persebaran virus ini juga terlihat dalam dua pekan terakhir. Hampir tiap hari selalu ada penambahan kasus baru, meski pada dasarnya mereka yang semula sudah berada di rumah isolasi. Tiga hari lalu (8/7), dari data yang dirilis, terlihat ada penambahan 24 kasus positif baru. Saat itu kumulatif kasus Covid-19  mencapai 333 kasus.

Sehari berikutnya, ada penambahan lagi empat kasus. Rata-rata, persebaran ini masih didominasi dari Kecamatan Peterongan dan Jogoroto. Meski begitu, di hari yang sama, tingkat kesembuhan juga bertambah tiga orang.

Dikonfirmasi hal ini Budi Winarno Humas Gugas PP Covid-19 Jombang membenarkan adanya penambahan 17 orang terkonfirmasi positif. "Di tabel sudah ada terkait tambahan hari ini (kemarin, Red) sudah dirilis," katanya singkat petang kemarin. 

Sayang, Budi belum bisa menyebutkan secara detail keberadaan 17 orang itu. Apakah mereka yang semula berada di rumah isolasi Stikes Pemkab Jombang, gedung tenis indoor, Aparma Unipdu atau justru hasil tracing transmisi lokal. "Begitu juga apakah status PDP naik, sementara kurang tahu data detailnya," pungkasnya.

Ia kembali mengingatkan masyarakat agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan. Terutama menjaga jarak saat berada di tempat-tempat umum, seperti pasar atau dalam kegiatan apa saja di luar rumah. Wajib menggunakan masker saat bepergian. Termasuk membiasakan cuci tangan dengan sabun. (fid)

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia