alexametrics
Selasa, 04 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Soal Pembuangan Limbah B3 di Karangdagangan, Kades Berkilah Tak Tahu

12 Juli 2020, 15: 38: 44 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Pembuangan limbah B3 di area persawahan Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Pembuangan limbah B3 di area persawahan Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo. (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Kepala Desa Karangdagangan Tambit mengaku tidak tahu perihal pembuangan limbah B3 di area persawahan Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo. Padahal, limbah ini sudah lama dikeluhkan warga.

“Sampai saat ini saya tidak tahu, limbah apa itu ya maksudnya?” terang dia saat dihubungi Jawa Pos Radar Jombang kemarin (11/7). Meski begitu, Tambit mengakui keberadaan kandang ayam di titik pembuangan limbah itu.

Lokasi itu disebutnya merupakan perbatasan Desa Karangdagangan dan Desa Tinggar. Hanya saja, ia tak mengerti perihal adanya pembuangan limbah di lokasi itu. “Kandang memang ada, tapi punya siapa saya juga tidak tahu, tidak pernah izin ke desa. Kalau kandang ayam yang dekat perumahan itu saya tahu, karena milik warga sini sendiri,” tambahnya.

Tambit menyebut hingga kemarin tak pernah ada keluhan dari warga yang masuk kepadanya perihal pembuangan limbah. “Kalau ada keluhan kan biasanya pasti didatangi warga, ini sampai sekarang belum ada keluhan kok,” kilahnya.

Sehingga dirinya juga belum meninjau lokasi pembuangan limbah tersebut. Pihaknya beralasan pekerjaan masih sangat banyak di desa. “Kalau peninjauan mungkin lain kali, soalnya ini masih sibuk pembagian BLT DD,” pungkasnya.

Sebelumnya, tumpukan limbah B3 berbentuk abu aluminium kembali dibuang sembarangan. Tumpukan limbah ini, terlihat ditumpuk di areal persawahan di Dusun/Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Lokasi penumpukan limbah ini cukup terpencil dari kampung. Jaraknya sekitar 200 meter dari rumah terdekat, lokasinya juga di tengah sawah. Berlokasi di perbatasan Desa Karangdagangan dan Desa Tinggar, limbah ini berada di halaman bangunan kandang ayam.

Ada dua titik timbunan yang masing-masing panjangnya lebih dari 20 meter dengan tebal tumpukan hingga tiga karung. Tumpukan pertama membujur ke utara-selatan, sementara tumpukan yang lebih besar, terlihat membujur ke barat-timur.

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia