alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Pandemi Covid-19 Belum Usai, SKB CPNS Pemkab Jombang Masih Gelap

12 Juli 2020, 09: 54: 39 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Pelaksanaan SKD CPNS formasi Kabupaten Jombang di GMSC Kota Mojokerto beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan SKD CPNS formasi Kabupaten Jombang di GMSC Kota Mojokerto beberapa waktu lalu. (MARDIANSYAH TRIRAHARJO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Pandemi Covid-19 juga berdampak pada tahapan penerimaan CPNS 2019. Hingga kini, belum ada kepastian jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

”Kami masih belum mendapat kepastian kapan SKB akan digelar. Pandemi korona ini membuat tahapan penerimaan CPNS terganggu,” terang Senen Kepala BKDPP (Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan) Kabupaten Jombang, (10/7) kemarin.

Dia menambahkan, hasil SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) sudah diumumkan panitia seleksi CPNS sejak 23 Maret. Dari 8.316 pelamar yang mengikuti SKD, yang lolos ke SKB ada 956 pelamar.

SKB sedianya digelar 25 Maret. Namun, karena mewabahnya virus korona di Indonesia, termasuk Surabaya yang akan menjadi lokasi tes SKB, sehingga jadwal tes ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. ”Jadwal yang menentukan BKN,’’ sambung dia.

Dia menambahkan, Surat Edaran MenPAN-RB Nomor B/318/M.SM.01.00/2020 tentang Penundaan Jadwal Pelaksanaan SKB CPNS Formasi 2019. ”Pelaksanaan SKB, baik yang menggunakan CAT BKN maupun mandiri yang semula direncanakan 25 Maret ditunda sampai ditetapkannya kebijakan lebih lanjut berdasar evaluasi Panselnas. Hasilnya akan diberitahukan kemudian dalam bentuk SE,’’ paparnya.

Ditanya kemungkinan SKB digelar secara virtual, menurutnya hal itu rawan muncul masalah. ”Belum tentu yang mengerjakan SKB adalah pelamar sendiri. Bisa jadi dikerjakan joki. Jadi memang harus menghadirkan pelamarnya,” imbuh Senen.

Soal beredarnya informasi di media sosial yang menyebut SKB dilaksanakan paling cepat dua bulan ke depan, Senen tak menampiknya. ”Di sejumlah media memang diberitakan seperti itu. Katanya pusat merencanakan SKB digelar September-Oktober tahun ini dengan protokol kesehatan, tapi kepastian tertulisnya masih belum kami terima,” ujar Senen.

Untuk diketahui, Kabupaten Jombang termasuk salah satu dari 462 pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang pada November 2019 lalu membuka penerimaan CPNS.

(jo/mar/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia