alexametrics
Sabtu, 15 Aug 2020
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

MPLS Peserta Didik Baru Jenjang SMP di Jombang Berlangsung Daring

12 Juli 2020, 09: 47: 28 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: PPDB SMP Jombang

ILUSTRASI: PPDB SMP Jombang (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Konsep MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) jenjang SMP lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) pada tahun ajaran 2020/2021 juga berlangsung daring. Teknisnya bakal diserahkan ke masing-masing sekolah sesuai kondisi dan kebutuhan.

“Untuk MPLS SMP tetap daring, karena Jombang masih zona merah. Tahun ajaran baru dimulai 13 Juli, berjalan sesuai kalender akademik yang sudah ditetapkan,” ungkap Kepala Dinas P dan K Kabupaten Jombang Agus Purnomo, kemarin (10/7).

Keputusan menggelar MPLS secara daring, kata Agus untuk menindaklanjuti SKB 4 menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri) tentang panduan pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19.

”Memang untuk daerah yang belum zona hijau, belum boleh menggelar kegiatan tatap muka. Bahkan zona kuning pun belum boleh, harus benar-benar zona hijau,” tambah Agus yang juga Koordinator Bidang Pencegahan Gugas PP Covid-19 Jombang ini.

Meski daring, MPLS kata Agus tetap pada konsep utama yaitu untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah. ”Teknisnya diserahkan ke masing-masing sekolah. Mau pakai aplikasi Zoom silakan, pakai Google Meet juga silakan. Membuat webinar per rombongan belajar juga bisa,” tambahnya.

Syaratnya, pelaksanaan MPLS bagi peserta didik baru tetap dalam jangka waktu tiga hari. ”Karena dalam kalender akademik MPLS hanya dilaksanakan tiga hari. Jadi sekolah harus siap membagi waktu,” pungkas Agus.

(jo/mar/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia