alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Diperpanjang Sampai Desember, BLT Dana Desa Tahap Tiga di Jombang Cair

07 Juli 2020, 11: 30: 29 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Bupati Jombang Mundjidah Wahab didampingi Wakil Bupati Sumrambah mengecek keaslian uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Candimulyo.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab didampingi Wakil Bupati Sumrambah mengecek keaslian uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Candimulyo. (WENNY ROSALINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) sudah memasuki tahap ketiga. Penyerahan secara simbolis dilakukan di Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, kemarin. BLT dana desa untuk warga terdampak Covid-19 akan diperpanjang hingga Desember.

”Bantuan dana desa akan diperpanjang sampai Desember. Untuk tahap berikutnya jumlahnya tidak sama, yaitu Rp 300 ribu. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” ungkap Bupati Jombang Mundjidah Wahab, usai menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga terdampak.

Bupati menambahkan, kurang lebih 43 ribu keluarga penerima manfaat menerima bantuan dana desa. Ini dilakukan untuk sedikit meringankan beban keluarga yang perekonomiannya terdampak Covid-19. Meski di tengah pendemi, bupati tetap ingin memajukan perekonomian dan pembangunan di tengah pandemi.

Mundjidah mengingatkan, bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran. Yaitu untuk warga yang perekonomiannya terdampak. ”Yang mengetahui betul mengenai hal ini adalah RT setempat. Jadi harus didata RT yang tahu kesehariannya, karena kita kadang kurang tau meski rumahnya bagus, di dalamnya masih membutuhkan,” tambahnya.

Kemudian setelah RT mendata warga yang berhak menerima dilakukan musyawarah dusun selanjutnya ditindaklanjuti musyawarah desa untuk memutuskan data terakhir. ”Kalau perlu harus ada musyawarah dusun,” tegas bupati di sela-sela pemantauan penyerahan BLT DD yang diserahkan melalui Bank Jombang.

Sholahudin Hadi Sucipto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masrarakat Desa (DPMD) Jombang mengatakan, data penerima BLT DD setiap bulannya harus ada verifikasi ulang. Ia mengupayakan agar tidak ada data ganda, dan penerima bantuan dobel sehingga bantuan yang diberikan betul-betul tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan secara baik. ”Harus ada verifikasi, kalau ada perubahan harus ada musdes khusus,” pungkas Sholahudin.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia