alexametrics
Sabtu, 15 Aug 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan
Komitmen Sukseskan Program Kotaku

Dinas Perkim Jombang Lakukan Monitoring dan Fasilitasi Pelatihan PKM

07 Juli 2020, 10: 33: 31 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Jombang berkomitmen menyukseskan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Jombang berkomitmen menyukseskan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). (DINAS PERKIM FOR JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Jombang berkomitmen menyukseskan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Tahun ini Kabupaten Jombang mendapat bantuan dari pemerintah pusat senilai Rp 3 miliar.

Heru Widjajanto Kepala Dinas Perkim Jombang menjelaskan, Program Kotaku merupakan program berkelanjutan dengan tujuan menyelesaikan penanganan kawasan kumuh di Jombang.

“Jadi program ini ikut di Kementerian PUPR. Kami di daerah ikut berkomitmen memfasilitasi pelaksanaan program ini,” katanya kepada Jawa Pos Radar Jombang Minggu (5/7) kemarin.

Disebutkan, dari Rp 3 miliar itu ada dua desa yang jadi prioritas. Masing-masing Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang dan Desa Dukuhmojo, Kecamatan Mojoagung. “Jombang mendapat bantuan pemerintah untuk masyarakat (BPM, Red) program ini sebesar Rp 2 miliar untuk Desa Candimulyo dan Desa Dukuhmojo sebesar Rp 1 miliar,” sebut dia.

Heru menambahkan, tahun ini pelaksanaan program ditangani langsung Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur melalui Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah 1 Jawa Timur. “Dilaksanakan PPK Pengembangan Kawasan Permukiman. Tetapi, kami tetap berkomitmen agar program ini lancar dan sukses,” ungkap Heru.

Dikatakan, meski tahap fisik belum dimulai, program  berjalan lancar. “Penentuan jenis infrastruktur pun ditentukan masing-masing desa penerima bantuan. Itu sudah ditetapkan melalui musyawarah warga, sesuai juknis pelaksanaan program,” papar Heru.

Monitoring dan evaluasi kata dia, sudah dilaksanakan satker ke Desa Candimulyo dan Desa Dukuhmojo pada 12 Juni lalu. Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah memfasilitasi pelaksanana pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat (PKM) program itu. “Jadi baru dilaksanakan 30 Juli-1 Juli di ruang rapat Dinas Perkim,” pungkas Heru.

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia