alexametrics
Sabtu, 15 Aug 2020
radarjombang
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Data Bantuan Covid-19 Pihak Luar Tak Jelas, Pemkab Dinilai Teledor

05 Juli 2020, 19: 53: 19 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Covid-19

ILUSTRASI: Covid-19 (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Pengelolaan yang tidak jelas dan  transparansi minim, terkait dana bantuan Covid-19 dari pihak swasta disorot pemerhati kebijakan publik Ahmad Sholikhin Ruslie. Ia menilai Pemkab Jombang teledor dalam menjalankan amanah.

“Pemkab teledor dalam hal ini menurut saya kelemahan berulang-ulang yang tidak pernah segera diperbaiki,” ucapnya kepada Jawa Pos Radar Jombang. Seharusnya bantuan itu sebagai amanah dari pemberi bantuan kepada Pemkab Jombang. Saling lempar tanggung jawab dan upaya berkelit tak memiliki data terkait bantuan yang masuk, menurutnya menunjukkan adanya kelemahan itu.

Menurut Sholikhin, jika seluruh bantuan yang masuk diarahkan melalui satu pintu dan tercatat dengan baik, maka penyampaian data bukan hal sulit. “Terlihat sekali kalau kerjanya masing-masing. Masalah pendataan itu mudah sekali karena pemberi jelas, berapa yang diberi jelas,” lanjutnya.

Lantaran minimnya koordinasi itulah membuat pendataan  terlihat tak dilakukan dengan benar. “Saya juga yakin ketua gugus tugas pasti tidak siap kalau ditanya soal data bantuan, karena pendataannya lemah sekali,” imbuhnya.

Padahal menurutnya akuntabilitas dan keterbukaan data itu sangat penting untuk menjamin kejujuran dan membangun kepercayaan publik kepada pemimpin daerah. “Saya yakin nanti akan banyak korporasi yang mempertanyakan ini. mereka tentu juga butuh kejelasan soal dana ataupun barang yang sudah diberikan,” lontar Dosen Hukum Untag Surabaya ini.

Terlebih, bantuan yang sudah diberikan nilainya pasti lebih besar. “Lebih besar riil daripada yang sudah disampaikan media. Jadi sekali lagi saya minta Bupati Jombang untuk bisa terbuka terkait persoalan dana bantuan ini,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, inventarisir donasi dari pihak ketiga yang disampaikan ke pihak Gugus Tugas (Gugas) PP Covid-19 Jombang untuk penanggulangan Covid-19 tak jelas. Sampai saat ini Gugas belum mengetahui total donasi yang diterima dan berapa yang sudah terdistribusi. 

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia