alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Cor Jalan Nasional di Jombang Kembali Ditambal Pakai Aspal

03 Juli 2020, 13: 36: 05 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kerusakan cor jalan nasional di Jombang mulai mendapat perhatian. Beberapa titik cor yang ambrol mulai ditambal dengan aspal. Itupun di beberapa titik masih ada yang belum tersentuh.

Kerusakan cor jalan nasional di Jombang mulai mendapat perhatian. Beberapa titik cor yang ambrol mulai ditambal dengan aspal. Itupun di beberapa titik masih ada yang belum tersentuh. (AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Kerusakan cor jalan nasional di Jombang mulai mendapat perhatian. Beberapa titik cor yang ambrol mulai ditambal dengan aspal. Itupun di beberapa titik masih ada yang belum tersentuh.

Pantauan di lapangan (2/7) kemarin, permukaan cor jalan nasional di wilayah Peterongan banyak dipenuhi tambalan material aspal, khususnya di titik-titik bidang cor yang ambrol. ’’Sekitar semingu yang lalu,’’ tutur Yahya, salah seorang warga.

Dia pun mempertanyakan penambalan jalan cor rusak menggunakan material aspal. Sebab, hasilnya dinilai tak maksimal. ”Kalau hanya ditambal aspal seperti itu, paling bertahan sebentar sudah ambrol lagi,” bebernya.

Sejak awal pengerjaan proyek cor jalan nasional yang menelan anggaran puluhan miliar dari APBN disebutnya tak maksimal. terlihat dari kualitas cor yang jelek. ”Ingat saya hanya beberapa bulan dilewati kendaraan sudah banyak yang ambrol permukaannya,” bebernya.

Selain itu, banyak ditemukan pemasangan material median jalan juga amburadul. ”Mediannya juga banyak yang seperti mau lepas, sepertinya hanya ditempel saja, kelihatan sekali semennya kurang,” singkatnya.

Sebelumnya, Kerusakan cor jalan nasional di Jombang direspons pemkab dengan berkirim surat ke PPK (Pejabat pembuat komitmen) dan BBJN (Balai Besar Jalan Nasional).

Miftahul Ulum, Kepala Dinas PUPR Jombang melalui M Rakhmat Sunendar Kabid Bina Marga mengatakan, tidak hanya menunggu, pihaknya juga sudah bersurat terkait kerusakan jalan nasional di Jombang. ’’Jadi kemarin sudah bersurat. Kita tindaklanjuti langsung ke PPK,’’ katanya dikonfirmasi Kamis (18/6) lalu.

Dikatakan, sebelumnya pihaknya sudah menyampaikan itu pada pihak pemilik kewenangan jalan. Sayangnya, belum ada respons positif. Karena itu harapan dengan peluncuran surat bakal ditindaklanjuti.

Seperti diketahui pada 2018 lalu, ruas jalan nasional di Jombang dilakukan peningkatan. Proyek reservasi rekonstruksi jalan Kertosono-Jombang-Mojokerto-Gempol milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan satker Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan II Surabaya. Anggaran proyek senilai Rp 46,2 miliar.

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia