alexametrics
Sabtu, 15 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Dinkes Imbau Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19

03 Juli 2020, 10: 46: 39 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang, Dr. drg. Subandriyah, M.KP

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang, Dr. drg. Subandriyah, M.KP (ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Saat ini masyarakat dibuat resah dengan adanya pandemi Covid-19. Namun, masih saja ada masyarakat yang enggan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang, Dr. drg. Subandriyah, M.KP mengingatkan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari ancaman penularan Covid-19.

Di antaranya, memakai masker setidaknya bisa mengurangi risiko terpapar virus secara langsung. ”Tubuh manusia perlu beradaptasi untuk melawan setiap benda asing baru yang masuk. Paparan virus ke dalam tubuh manusia yang langsung dalam jumlah banyak tentu akan menyulitkan tubuh untuk melawannya, terlebih virus akan cepat berkembang biak,” terangnya.

Subandriyah menambahkan, ketika virus makin banyak, hanya ada dua kemungkinan yang akan terjadi, sistem imunitas tubuh akan kalah atau sistem imunitas tubuh akan super reaktif membabi buta menyerang termasuk sel tubuh sendiri. ”Dua kondisi tersebut sama-sama tidak menguntungkan bagi tubuh,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Subandriyah menyebut, saat batuk, bersin, seseorang bisa menyemprotkan droplet yang mengandung virus. Droplet akan segera jatuh ke tanah. Kemampuan semprotan droplet ini sekitar 1-2 meter.

”Dengan jaga jarak kita bisa menghindarkan semburan droplet secara langsung. Jika protokol jaga jarak ini disertai protokol memakai masker, maka semakin kecil kemungkinan virus bisa memapar tubuh seseorang,” tambahnya.

Subandriyah juga mengimbau masyarakat terus menerapkan cuci tangan. Virus, disebutnya  bisa memapar sel tubuh manusia itu bergantung pada dua hal, yaitu spike yang ada di virus dan reseptor ACE 2 yang ada pada organ sasaran.

”Spike itu tersusun dari lipoprotein yaitu ikatan lipid (lemak) dan protein, dan Ketika spike virus rusak, maka virus tidak bisa masuk ke dalam sel tubuh manusia, dan cuci tangan, adalah langkah merusak lipid pada spike virus itu,” pungkasnya.

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia