alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Kabar Baik, BLT untuk Warga Jombang Diperpanjang Tiga Bulan Lagi

01 Juli 2020, 14: 47: 22 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Penyaluran BLT di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto.

ILUSTRASI: Penyaluran BLT di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto. (WENNY ROSALINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) terdampak Covid-19 diperpanjang dari tiga bulan menjadi enam bulan. Kepastian ini setelah aturan terbaru dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) telah turun.

Sholahuddin Hadi Sucipto Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jombang menyampaikan, aturan terkait pencairan BLT DD telah dikeluarkan pihak Kementerian Desa PDTT. Kini, pihaknya tinggal menindaklanjuti aturan terbaru itu. “Jadi sudah keluar seminggu lalu Permendes Nomor 7 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020,” katanya dikonfirmasi.

Dijelaskan, keluarnya aturan baru itu membuat bantuan diperpanjang tiga bulan lagi. Yaitu pencairan keempat, kelima dan keenam. “Intinya tentang penyaluran bulan empat, lima dan enam,” sebut dia. Kendati begitu, nominal bantuan yang disalurkan itu tidak sama. “Kalau yang lanjutan ini nilainya Rp 300 ribu setiap penerima manfaat. Jadi nanti diteruskan setelah penyaluran bulan ketiga,” paparnya.

Selain bantuan yang diperpanjang, lanjut dia, dalam peraturan baru itu juga mengatur penerima manfaat. Dalam hal ini penerima manfaat bisa dilakukan perubahan, dengan catatan  dilakukan musdes terlebih dahulu. “Jadi intinya nama penerima manfaat bisa dirubah melalui musdes. Yang dibatasi hakikatnya bukan penerima,” beber Sholahuddin.

Karena itulah berbekal aturan terbaru dari Kementerian Desa PDTT, maka akan segera ditindaklanjuti dengan membuat payung hukum. “Apakah perbup diperbarui juga, sekarang kami masih berusaha menyesuaikan. Yang jelas kita usahakan semacam itu,” terang dia.

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia