alexametrics
Kamis, 02 Jul 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Kapolres Jombang Inisiasi Gerakan Kampung Tangguh ke Desa-Desa

30 Juni 2020, 18: 41: 10 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho bersama TNI dan Pemkab menginisiasi program kampung tangguh.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho bersama TNI dan Pemkab menginisiasi program kampung tangguh. (ISTIMEWA)

Share this      

JOMBANG – Banyak cara bisa dilakukan mencegah bahaya persebaran virus korona. Seperti yang dilakukan Polres Jombang bersama TNI dan Pemkab menginisiasi program kampung tangguh.

”Program kampung tangguh inisiasi bapak kapolda, sudah melalui riset dari para pakar juga dan terbukti efektif untuk menjaga lingkungan dari ancaman Covid-19,” terang Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, kepada Jawa Pos Radar Jombang.

Agung menambahkan, kampung tangguh memiliki beberapa aspek. Di antaranya, tangguh dalam bidang kesehatan, ekonomi dan keamanan. ”Jadi ada beberapa variable di sana,” bebernya.

Misal tangguh dalam aspek kesehatan, tentunya begaimana membentuk prilaku warga disiplin menjalankan protokol kesehatan. ”Mulai mengenakan masker, cuci tangan, olahraga, banyak konsumsi vitamin, jaga jarak satu sama lain dan mengurangi aktivitas di luar, kecuali memang sangat penting,” imbuhnya.

Selain itu, tangguh di bidang ekonomi dan sosial. Dampak pandemi Covid-19 juga mengguncang pelaku usaha. Tak sedikit perusahaan yang terpaksa merumahkan sebagian karyawan guna menstabilkan keuangan perusahaan.

Melalui gerakan kampung tangguh, warga diberikan kesadaran untuk saling membantu satu sama lain. Selain itu juga diberikan wawasan terkait ketahanan pangan. ”Misal ada lahan kosong di rumah, bisa dimanfaatkan. Misal tanam sayur, cabai, ketela pohon dan lain-lain, juga bisa difasilitasi adanya lumbung pangan, bisa juga dengan kegiatan jumputan,” bebernya.

Selanjutnya tangguh di bidang keamanan juga menjadi aspek yang penting. ”Alhamdulillah, kita selama ini bersinergi dengan jajaran TNI dan pemkab menginisiasi gerakan kampung tangguh ke desa-desa. targetnya nanti seluruh desa di Jombang bisa mendirikan kampung tangguh secara bertahap,” imbuhnya.

Menurutnya, untuk memerangi pandemi korona tentu tidak bisa berjalan sendiri, sehingga membutuhkan kerja sama dari semua pihak. ”Kampung tangguh merupakan upaya melawan korona berbasis lingkungan RT/RW dengan melibatkan masyarakat secara langsung untuk hidup disiplin dan menjaga lingkungannya dari penularan korona,” tandasnya.

Selain program kampung tangguh, Agung juga aktif turun ke lapangan mendisiplinkan warga. Sebab, sebelum vaksin virus korona ditemukan, disiplin adalah cara terbaik mencegah penularan. ”Aksi kita lakukan persuasif, di lapangan kita juga bagikan masker,” bebernya.

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia