alexametrics
Kamis, 02 Jul 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Peringati Harganas Ke-27, DPPKB-PPPA Jombang Lakukan Aksi Sosial

30 Juni 2020, 18: 36: 32 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Kabupaten Jombang.

Kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Kabupaten Jombang. (WENNY ROSALINA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-PPPA) Kabupaten Jombang ingin meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga melakukan sejumlah inovasi. Diantaranya membantu masyarakat terdampak Covid-19 di sejumlah tempat.

”Program BKKBN tahun 2020 di era milenial dengan branding BANGGA KENCANA (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) adalah suatu upaya untuk membangun keluarga secara paripurna,” ungkap Nur Kamalia, kepala DPPKB-PPPA Jombang.

Peringatan Harganas di tengah pandemi Covid-19, DPPKB-PPPA diisi dengan melakukan sejumlah aksi kemanusiaan. Tujuannya, mengurangi masalah kependudukan, dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

”Visi kami adalah Visi Bupati Jombang, mewujudkan Kabupaten Jombang yang berkarakter dan berdaya saing. Maka sudah seharusnya kita bersama-sama berusaha untuk meningkatkan kualitas SDM secara komprehensif, agar tercipta SDM yang berkarakter dan berdaya saing,” tambah Nur Kamalia.

Peningkatan SDM menurut Nur Kamalia adalah salah satu kunci untuk generasi masa depan yang lebih baik. ”Kemakmuran berbanding lurus dengan kualitas SDM. Semakin tinggi kualitas SDM penduduk, semakin tinggi pula tingkat kemakmurannya,” tambahnya.

Peningkatan SDM juga bisa ditunjang dengan peningkatan kualitas pendidikan. Besarnya laju pertumbuhan penduduk membuat pertambahan jumlah penduduk semakin meningkat.

Kebijakan dalam rangka mengurangi laju pertumbuhan yang ada di Indonesia. Dari situlah muncul program KB dan kini ditangani BKKBN.  

Tren pertumbuhan penduduk selalu mengalami penurunan, hal ini berdampak pada sektor-sektor pembangunan yang lainnya. Misal kebutuhan sandang, papan, pangan, kecukupan gizi, kesejahteraan, kebahagiaan masyarakat mengalami peningkatan.

”Dengan begitu saya ingin laju pertumbuhan penduduk di Jombang bisa dikendalikan, program KB sukses, sehingga menciptakan keluarga yang ideal, SDM tinggi, serta sejahtera, selamat Hari Keluarga Nasional ke-27 tahun 2020,” pungkasnya.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia