alexametrics
Kamis, 02 Jul 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Pagar Tematik RTH Ceweng Rusak karena Tersenggol Kendaraan Pabrik Kayu

30 Juni 2020, 18: 24: 36 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Kondisi pagar tematik yang dibangun di Desa Ceweng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, ternyata tersenggol kendaraan pabrik kayu yang tak jauh dari lapangan.

Kondisi pagar tematik yang dibangun di Desa Ceweng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, ternyata tersenggol kendaraan pabrik kayu yang tak jauh dari lapangan. (AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Kondisi pagar tematik yang dibangun di Desa Ceweng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, ternyata tersenggol kendaraan pabrik kayu yang tak jauh dari lapangan. Saking besarnya kekuatan kendaraan milik pabrik itu pagar menjadi ambruk. 

Ahmad Rofiq As’yari Kabid Pengelolaan Sampah dan Ruang terbuka Hijau DLH Jombang menerangkan, pagar yang rusak di Ceweng sudah diperbaiki. Namun perbaikan itu bukan dilakukannya atau pihak kontraktor yang melakukan pembangunan pagar. “Jadi sudah diperbaiki pabrik playwood, karena yang nenggor kendaraan dari sana,” katanya dikonfirmasi Senin kemarin (29/6).

Selain turun ke lapangan, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pihak pabrik kayu yang tak jauh dari lokasi. Mengingat lapangan yang rencana dijadikan ruang terbuka hijau itu menjadi area parkir kendaraan pengangkut kayu.

“Sebenarnya kita berencana mengundang rapat, menyelesaikan ini bagaimana. Karena di sana sudah tidak ada anggaran pemeliharaan lagi, masak bangunan segitu saja bisa roboh,” imbuh dia.

Rencana mengundang pihak pabrik tak berjalan karena perbaikan langsung ditangani pabrik itu sendiri. Perbaikan pada pagar sudah ditanggung seluruhnya. “Biarpun rencana kita batal, ternyata mereka menyadari. Istilahnya kena manuver kendaraan mereka, lalu diperbaiki,” sambung Rofiq serius.

Ditambahkan, perbaikan pagar itu hanya pada satu titik yang mengalami kerusakan. “Tidak ada lokasi lain. Soalnya saya sempat lihat ke lapangan yang rusak memang hanya di situ,” terang dia. Sejauh ini, lapangan memang dijadikan tempat parkir kendaraan besar milik pabrik sehingga pagar rentan mengalami kerusakan.

“Aku ya kaget, kok bangunan ini bisa rusak. Prasarana Insya Allah sudah sesuai spek. Ternyata ketenggor kendaraan,” pungkas Rofiq.

Sementara itu, pantauan di lokasi menunjukkan pagar sebelah utara sudah diperbaiki. Material kerusakan masih nampak berserakan di lokasi. Karena baru saja diperbaiki, kondisi pagar cor belum begitu kentara. Terutama di antara pengecoran lama dengan perbaikan.

Seperti diberitakan sebelumnya, belum genap setahun, pagar tematik di ruang terbuka hijau (RTH) Desa Ceweng sudah rusak. Selain pagar di ujung utara ambrol, pada bagian pintu masuk kendaraan juga rusak. Tak kurang dari dua meter tembok yang dikerjakan setengah jadi ini ambruk di bagian ujung.

Potongan tembok yang ambrol, terlihat jatuh ke rerumputan. Sementara bagian dalam tembok terlihat hancur dan makin rontok. Di dalam pagar, beberapa truk besar masih terlihat diparkir. Ada lima sampai enak truk besar tak bertuan yang memuat kayu.

(jo/fid/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia