alexametrics
Kamis, 02 Jul 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Pasien Covid-19 Membeludak, Pemkab Jombang Tambah Lagi RS Penyangga

28 Juni 2020, 10: 42: 59 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Covid-19.

ILUSTRASI: Covid-19. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Semakin tingginya persebaran kasus Covid di Jombang membuat pemkab harus bergerak cepat mengambil langkah. Terbaru dua rumah sakit swasta di Jombang juga mengajukan diri menjadi RS peyangga. Masing-masing RSNU dan RSI Jombang.

”Ya benar RS NU dan RSI kembali mengajukan diri sebagai RS penyangga, karena tidak bisa selamanya bergantung pada RSUD Jombang, RSUD Ploso dan RSK Mojowarno yang sekarang sudah mulai penuh,” ungkap dr Pudji Umbaran, Koordinator Bidang Penanganan Gugas PP Covid-19 Jombang kemarin.

Pudji menambahkan, pihaknya akan segera menyiapkan narasumber dan tim ahli untuk melakukan visitasi ke lokasi. Jika sudah memenuhi syarat, maka akan diajukan ke Dinas Kesehatan Jombang. ”Narasumber akan melihat secara langsung, terkait persiapan sarana fisik, tenaga, alur pengamanan, APD dan sebagainya. Jika layak akan kita sampaikan ke kepala dinas kesehatan,” tambahnya.

Terlepas dari pengajuan diri sebagai rumah sakit penyangga lanjut Pudji, seluruh RS juga harus mempersiapkan diri merawat pasien Covid-19. Rapat dengan seluruh rumah sakit swasta sudah dilakukan, untuk mempersiapkan diri menuju new normal.

Menurutnya, RSUD Jombang, RSUD Ploso, dan RSK Mojowarno sekarang sudah penuh. Sedangkan, yang membutuhkan perawatan di rumah sakit adalah pasien yang betul-betul membutuhkan perawatan kesehatan, sehingga membutuhkan banyak rumah sakit tambahan yang bisa menampung pasien Covid-19.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia