alexametrics
Kamis, 02 Jul 2020
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Sukses di Event Sebelumnya, Festival Qurani Siap Digelar Kembali

25 Juni 2020, 16: 41: 25 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Festival Qurani yang sukses digelar pondok pesantren Tahfidzul Quran Cinta Rasulullah Tembelang, 19-23 Januari 2020 lalu.

Festival Qurani yang sukses digelar pondok pesantren Tahfidzul Quran Cinta Rasulullah Tembelang, 19-23 Januari 2020 lalu. (ISTIMEWA)

Share this      

JOMBANG - Festival Qurani sukses digelar pondok pesantren Tahfidzul Quran Cinta Rasulullah Tembelang, 19-23 Januari 2020 lalu.

H Achmad Rifai MA, pengasuh pesantren, menyebut event serupa akan kembali digelar dalam waktu dekat.

”Alhamdulillah, kami bangga dan bahagia bisa menyelenggarakan acara itu. Tak lain kami selenggarakan atas rasa cinta yang tinggi kepada Allah SWT dan Rasulullah Muhammad SAW,” katanya.

Ilustrasi gedung pesantren Tahfidzul Quran Cinta Rasulullah, pembangunannya sampai saat ini masih terus berjalan.

Ilustrasi gedung pesantren Tahfidzul Quran Cinta Rasulullah, pembangunannya sampai saat ini masih terus berjalan. (ISTIMEWA)

Pihaknya mengucapkan terimakasih atas dukungan dan doa semua pihak.

”Terutama kepada para kiai dan bu nyai, terima kasih yang tak terhingga. Insya Allah kami akan menyelenggarakan festival yang sama, untuk tingkat nasional,” lanjutnya.

Festival Qur’ani tingkat Jawa Timur di GOR Merdeka Jombang saat itu memang berlangsung luar biasa. Diikuti 1.700 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur.

Pembukaan festivas saat itu dihadiri Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Pol Dharma Pongrekun dan artis ibu kota Vebby Palwinta.

Ada tiga kategori dalam festival tersebut, yakni 10 juz penghafal Qur’an putra dan putri, 20 juz penghafal Qur’an putra dan putri, serta 30 juz penghafal Qur’an putra dan putri.

Dari 1.700 peserta, dipilih 360 peserta untuk mengikuti babak semifinal. Mereka kemudian berlomba merebutkan juara 1-3 serta juara harapan 1-3.

Seluruh juara yang lolos mendapat kesempatan umrah dan uang pembinaan dari H Ahmad Rifai.

Sedangkan para dewan hakimnya berasal dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Timur, yang biasa menguji lomba MTQ/MHQ baik tingkat Jawa Timur maupun nasional.

Diantaranya KH Abdul Hamid (Ketua LPTQ Jawa Timur), KH A Mustain Syafi’I, H Yasin Shirotol Mustaqim, KH Abdullah Afi, Ny Hj Hasunah Zaim, KH Mudawi Ma’arif dan lainnya.

Menerima Pendaftaran Santri-Santriwati Baru

PONDOK pesantren Tahfidzul Quran Cinta Rasulullah membuka pendaftaran santri-santriwati baru tahun ajaran 2020/2021.

Pesantren modern berstandar internasional ini berada di Desa Tampingmojo, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang dan dibangun H Achmad Rifai MA di atas lahan seluas 8 hektare.

“Pendidikan di pesantren ini bebas biaya apapun. Bila ada santri berprestasi, akan mendapat beasiswa melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi,” ungkap Achmad Rifai.

Pembangunan gedung pesantren dilakukan sejak tahun lalu. Saat peletakan batu pertama, sejumlah kiai besar dan tokoh masyarakat hadir untuk memberikan doa restu.

Diantaranya KH Moch Djamaluddin Ahmad, pengasuh pesantren Bumi Damai Al Muhibbin Tambakberas. Kemudian disusul pengasuh pondok pesantren Yanbu’ul Quran Kudus Jawa Tengah KH Ulil Albab Arwani.

Selanjutnya KH Mustain Syafi’i, Umi Hasunah Zaimuddin, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Condro Kirono, artis ibu kota Opick, dan KH Abdul Karim yang merupakan guru mengaji Presiden Joko Widodo.

Saat itu, Komjen Pol Drs Condro Kirono mengaku sangat terhormat sebagai unsur polri diundang dalam peletakan batu pertama. ”Saya merasa mendapat kehormatan selaku Kabaharkam Polri,” ujar dia saat itu.

Dengan didirikannya pondok pesantren Tahfidzul Quran, Condro berharap bisa menjadi mencetak generasi yang lebih baik. ”Presiden Joko Widodo bahkan pernah melantik peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik akademi militer dan kepolisian) yang juga seorang tahfidz,” kata Condro Kirono.

Pendaftaran santri dan santriwati baru di pondok pesantren Tahfidzul Quran Cinta Rasulullah dibuka mulai Juni hingga Juli mendatang. Syaratnya, calon santri atau santriwati berusia minimal 12 tahun dan bisa baca Al Qur’an. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0815-5686-9336 (Ust Fadli) atau 0821-1070-1188 (Bapak Sopiyan).

(jo/ali/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia