alexametrics
Kamis, 02 Jul 2020
radarjombang
Home > Tokoh
icon featured
Tokoh

Erwin Burhan Cita-Cita Wujudkan Desa Sawiji Mandiri dan Berkemajuan

23 Juni 2020, 11: 25: 24 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Erwin Burhan, Kepala Desa Sawiji, bersama istri.

Erwin Burhan, Kepala Desa Sawiji, bersama istri. (ISTIMEWA)

Share this      

JOMBANG - Tugas menjadi kepala desa merupakan tanggung jawab besar. Selain kemampuan manajerial dibutuhkan kerja keras untuk bisa mewujudkan kemajuan desa sesuai yang diharapkan masyarakat.

Terlebih sekarang ini, masyarakat dihadapkan dengan tantangan wabah korona, sehingga banyak anggaran pemerintah desa dialihkan guna percepatan penanganan Covid-19.

“Komitmen saya ingin membawa kemajuan untuk Desa Sawiji. Saya ingin memberikan pengabdian yang terbaik dan mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tentram saling gotong royong satu sama lain,” tegas Erwin Burhan, Kades Sawiji kepada Jawa Pos Radar Jombang.

Sejak dilantik menjadi kepala desa, salah satu yang menjadi fokus suami Ainin Inayah membangun sinergitas di internal pemdes yang solid. “Sebab dengan tim yang solid, maka program-program yang sudah kita rencanakan  bisa berjalan dengan maksimal, sebaliknya jika internal retak, maka akan menjadi hambatan,” bebernya.

Sebagai kepala desa lanjut Erwin, tentu dia tak bisa bekerja sendirian. Butuh dukungan  dari seluruh stakeholders pemdes. “Mulai dari tingkat RT/RW, kepala dusun dan seluruh perangkat lainnya saya rangkul semua, saya ajak kerja bareng-bareng termasuk dengan BPD,” imbuhnya.

Wilayah Desa Sawiji terbagi empat dusun. Di antaranya Dusun Beji, Sawi, Kemirigalih dan Gendingan. Masing-masing memiliki corak dan potensi lokal. “Mayoritas masih menggeluti pertanian, ada juga berdagang, beternak termasuk perajin juga ada,” bebernya.

Berbagai ide dan gagasan membangun desa sudah banyak disampaikan bapak satu anak ini dalam visi misi saat kampanye pilkades. “Secara bertahap kami akan berusaha merealisasikan semua, baik kaitannya pembangunan sektor ekonomi, pendidikan sosial budaya, infrastrukur dan lainnya. Tentunya kami membutuhkan peran aktif masyarakat dan seluruh stakeholders terkait,” tandas pria pecinta dunia otomotif ini.

Gemar Blusukan ke Warga

MESKI menjadi kepala desa merupakan pengalaman baru, bukan berarti Erwin tak punya bekal. Sebab, dirinya banyak mengambil pelajaran dari ayahnya yang sebelumnya sudah berpuluh-puluh tahun dipercaya masyarakat memimpin desa. Salah satu yang sangat membekas dibenak Erwin tentang kepemimpinan ayahnya yakni sifat ngemong dan suka blusukan.

“Saya ingat betul, bapak waktu jadi kades itu suka sambang ke warga, bahkan hampir satu per satu warganya beliau hafal,” terang  Erwin.

Sifat itu seolah diwarisi Erwin. Dia pun seringkali memanfaatkan waktu senggang blusukan ke rumah-rumah warga, tokoh masyarakat serta warung-warung. “Sehingga saya tahu apa yang menjadi aspirasi warga, banyak dapat masukan-masukan juga tentang potensi-potensi yang ada di desa,” imbuh alumnus Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (Ubaya).

Tak hanya hubungan keluar, Erwin juga dikenal egaliter terhadap jajaran perangkat desa. “Tujuan kami sama untuk memajukan desa. Kami juga sama-sama lahir dan dibesarkan di Desa Sawiji, makannya tidak ada sekat antara saya dengan perangkat desa lainnya, kami sangat terbuka satu sama lain seperti keluarga sendiri,” bebernya.

Terlebih sekarang ini, semua warga dihadapkan dengan ancaman pandemi korona. Dia pun tak henti-hentinya menyemangati warga agar senantiasa waspada dan membudayakan hidup disiplin. “Kurangi aktivitas di luar rumah, misal kalau harus ke sawah atau berdagang ke pasar kita ingatkan disiplin menjalankan protokol pencegahan Covid-19,” bebernya.

Dia juga aktif memantau sejak proses pendataan sampai dengan penyaluran bansos warga terdampak pandemi korona. “Terkadang memang ada yang masih belum sempurna, tapi ke depan kita akan terus lakukan evaluasi agar lebih baik lagi. Kita sangat terbuka untuk menerima masukan dan kritik yang membangun dari warga demi kemajuan desa,” tandasnya.

(jo/naz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia