alexametrics
Kamis, 02 Jul 2020
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Bayi Usia Seminggu Ini Positif Korona; Tanpa Gejala, Dirawat Terpisah

23 Juni 2020, 10: 36: 15 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: Covid-19

ILUSTRASI: Covid-19 (ISTIMEWA)

Share this      

JOMBANG – Sebaran virus korona ternyata mulai menular ke bayi. Ini setelah seorang bayi berusia satu minggu dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil uji swab turun Jumat (19/6) lalu. Kini bayi tersebut menjalani perawatan di ruang khusus bayi RSUD Jombang.

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran membenarkan jika ada seorang bayi positif terkonfirmasi Covid-19. ”Jadi positif berdasarkan hasil uji swab yang turun dari Surabaya,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin (22/6). Hanya saja, ditanya mengenai jenis kelamin dan riwayat penularan virus kepada bayi ini ia belum mengantongi data rinci.

”Untuk jenis kelamin saya belum dapat kabar dari teman-teman dan penularan dari siapa ini juga belum jelas,” tambahnya. Namun demikian, dari tracing sementara diketahui ibu bayi tersebut dinyatakan reaktif dari hasil rapid test. Setelah bayi lahir dan dilakukan uji swab, ternyata hanya bayi yang positif.

”Ibunya melahirkan bayi kembar. Ketiganya kita uji swab, namun yang turun hasilnya positif hanya satu,” papar dia. Setelah terkonfirmasi positif, kini bayi tersebut ditempatkan di ruang khusus perawatan bayi. Dari laporan yang dia terima,  kondisi bayi dalam keadaan stabil dan sehat. ”Karena kondisinya sehat jadi dia kategori orang tanpa gejala (OTG). Untuk perawatan kita lakukan seperti umumnya protokol Covid-19,” tambahnya.

Sedangkan ibu bayi juga diketahui dalam keadaan sehat. ”Ibunya dan bayi satunya sehat, mereka kita tempatkan terpisah dengan bayi yang positif tadi,” tegas Pudji. Saat disinggung mengenai tambahan satu pasien Covid-19 asal Kecamatan Ngoro per Senin (22/6), ia mengaku belum terima data. ”Memang ada penambahan satu lagi sesuai keterangan Dinkes, namun kurang tahu dari mana,” pungkasnya.

Sementara itu, berdasar informasi yang diterima melalui laman dinkes.jombangkab.go.id pasien terkonfirmasi positif dimaksud dirawat di RS HVA Toeloengredjo Pare Kediri. Dengan penambahan satu pasien itu total terkonfirmasi positif Covid-19 di Jombang sebanyak 196 orang. Dari jumlah itu pasien dinyatakan sembuh menjadi 17 orang, dirawat 161 dan meninggal dunia 18 orang.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia