alexametrics
Rabu, 08 Jul 2020
radarjombang
Home > Hukum
icon featured
Hukum

Kasus KUR Bank Jatim, Eks Anggota DPRD Jombang Divonis 4 Tahun Penjara

05 Juni 2020, 13: 21: 26 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Wulang Suhardi, eks anggota DPRD Jombang yang menjadi terdakwa dalam kasus KUR Bank Jatim.

Wulang Suhardi, eks anggota DPRD Jombang yang menjadi terdakwa dalam kasus KUR Bank Jatim. (Dok Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Sidang kasus kredit fiktif Bank Jatim Cabang Jombang dengan terdakwa Wulang Suhardi, eks anggota DPRD Jombang, dan Supaim, anak buah Wulang, memasuki agenda pembacaan putusan Kamis kemarin (4/6). Kedua terdakwa dinyatakan bersalah oleh majelis hakim dan diputus dengan hukuman yang sama, empat tahun penjara.

“Putusannya sama, baik Wulang Suhardi maupun Supaim divonis majelis hakim dengan hukuman empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta, subsider tiga bulan kurungan,” terang Muhamad Salahuddin, Kasipidsus Kejari Jombang, kemarin (4/6).

Putusan majelis hakim ini, lebih ringan dibanding tuntutan JPU. Sebelumnya, JPU menuntut keduanya masing-masing dengan hukuman enam tahun dan lima tahun kurungan penjara, juga pidana denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Salahudin menyebut, putusan ini diberikan lantaran majelis hakim menilai keduanya dinilai sama-sama aktif dalam melakukan upaya rekayasa kredit dan pencairan. Sehingga keduanya dihukum sama. “Jadi dari fakta persidangan, Wulang bagian memerintah, sementara Supaim ini orang yang bekerja di lapangan menghimpun nasabah, menarik uang dari bank dan menyimpan di rekening istri Wulang,” lanjutnya.

Keduanya menjalani sidang secara online. Dua terdakwa mengikuti sidang di dalam Rutan Kejari, sementara majelis hakim, JPU juga penasehat hukumnya ikut sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya. “Sidang juga digelar bergantian, walaupun vonisnya sama, pembacaan dilakukan masing-masing,” tambah dia.

Atas putusan itu, baik JPU maupun terdakwa disebut Salahudin menyatakan pikir-pikir. “Kita diberi waktu tujuh hari untuk menentukan sikap,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wulang Suhardi, mantan anggota DPRD Jombang dan Supaim, orang kepercayaannya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam pengusutan kasus KUR fiktif di Bank Jatim jilid II.

Dalam persidangan, keduanya didakwa JPU telah melakukan manipulasi hingga KUR untuk 11 debitur yang semuanya fiktif bisa diterima Bank Jatim Cabang Jombang. Namun, dengan power anggota dewan, pencairannya jadi mulus. JPU juga menyebut adanya peran Supaim yang bekerja sebagai koordinator debitur di lapangan. Tugasnya menghubungi para kreditur saat uang kredit sudah cair.

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia