alexametrics
Kamis, 16 Jul 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Rumah Isolasi untuk Pasien Covid-19 Jombang Diperluas ke Tenis Indoor

03 Juni 2020, 09: 34: 56 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Gedung tenis indoor Jombang.

Gedung tenis indoor Jombang. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Stikes Pemkab Jombang yang dijadikan rumah isolasi pasien Covid-19, bakal diperluas hingga gedung tenis indoor. Rencananya, perluasan dilakukan setelah kampus A tak lagi bisa menampung semua pasien.

“Kita sudah diskusi dengan tim, jika nanti volume bertambah dengan cepat kita antisipasi sampai gedung tenis indoor,” ungkap dr Pudji Umbaran, Koordinator Bidang Penanganan Gugas PP Covid-19 di Jombang, kemarin.

Menurutnya, gedung tenis indoor tempat yang paling pas. Karena jika mencari tempat yang lain, maka akan kesulitan dalam hal mengordinir di lapangan. Sehingga diupayakan mencari tempat yang ada dalam satu lokasi. Kebetulan bangunan tenis indoor  tepat berada di sisi utara Stikes Pemkab Jombang.  

Namun sebelum ke gedung tenis indoor, Pudji akan memaksimalkan bangunan kampus A Stikes Pemkab Jombang. Bangunan yang kini ditempati itu diperkirakan bisa menampung 75 tempat tidur. Jika diperlukan perluasan, maka akan memakai bangunan lain yang membujur selatan-utara untuk penambahan. Di lokasi itu diperkirakan juga bisa menampung 50 tempat tidur. “Jadi di Stikes Pemkab Jombang kira-kira bisa menampung 125 orang,” tambahnya.

Jika dalam perkembangannya nanti jumlah pasien terus bertambah, maka akan diperluas ke gedung tenis indoor. Sebab, tidak hanya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang diisolasi, warga yang hasil rapid test-nya reaktif dan menunggu pengambilan uji swab juga diisolasi. Termasuk orang yang sudah diambil uji swab namun menunggu hasil keluar.

“Karena untuk meminimalisir penularan, kita isolasikan terpusat, orang yang hasil rapid test-nya reaktif dan harus dilakukan uji swab,” jelas Pudji.

Apabila perluasan dilakukan, maka gedung Stikes hanya dikhususkan untuk pasien yang terkonfirmasi Covid-19. Sementara di gedung tenis indoor untuk orang yang menunggu hasil uji swab. “Saat ini masih kita letakkan dalam satu wilayah, namun ada pemisahan dan penjagaan ketat, agar mereka tidak saling kontak,” pungkasnya.

(jo/wen/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia