alexametrics
Kamis, 16 Jul 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Refleksi 6 Tahun Jawa Pos Radar Jombang; Tahun Penuh Makna

Oleh: M. NUR KHOLIS*

02 Juni 2020, 13: 03: 13 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

M. NUR KHOLIS (General Manager Jawa Pos Radar Jombang)

M. NUR KHOLIS (General Manager Jawa Pos Radar Jombang) (Dok Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

DALAM suasana keprihatinan pandemi Covid-19 (korona), Jawa Pos Radar Jombang ’’merayakan’’ ulang tahun ke-6, Selasa 2 Juni 2020, hari ini. Sebenarnya pada Februari lalu, sempat ada rencana merayakan ulang tahun ini dalam sebuah event yang meriah, namun rencana itu harus disimpan dulu. Sebagai gantinya, siang ini, teman-teman menggelar tumpengan sederhana dan doa bersama di kantor. 

Tanpa mengurangi rasa prihatin dan bersama lawan pandemi Covid-19 ini,  izinkan kami sampaikan kalau sejatinya pada 2020 ini, bagi Radar Jombang  sebagai tahun penuh makna. Setidaknya ada empat peristiwa penting yang mengiringi perjalanan Radar Jombang mulai Januari - Juni 2020 ini.

Pertama, pada 1 Januari 2020, nama Radar Jombang masuk di dalam boks Jawa Pos yang di halaman 2 itu. Sungguh, itu sebuah peristiwa bersejarah bagi perjalanan Radar Jombang. Bukan hanya membuat bangga seluruh penggawa Radar Jombang, namun juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Jombang.

Kedua, ditunjuknya Radar Jombang sebagai tuan rumah  Rapat Evaluasi Jawa Pos Radar Group Triwulan IV 2019,  pada Kamis-Jumat (6-7 Februari 2020). Menjadi tuan rumah rapat tahunan ini, merupakan momentum langka dan sebuah penghormatan bagi Radar Jombang. Rapat yang diikuti 18 perusahaan di bawah Jawa Pos Radar (JPR) di Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Jogjakarta dan Bali ini berlangsung Hotel Grand Whiz Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Ketiga, tahun penuh makna ini semakin lengkap, karena dalam rapat evaluasi itu Radar Jombang menerima  Jawa Pos Radar Award, yakni Kinerja Perusahaan Terbaik Kategori AAA. Penghargaan ini diterima Radar Jombang dua tahun berturut-turut.

Keempat, per 24 April 2020 Radar Jombang sudah terverifikasi administrasi & faktual  Dewan Pers. Artinya dari sisi eksistensi dan legalitas perusahaan, PT Jombang Intermedia Pers yang menaungi Radar Jombang tidak ada yang diragukan lagi. Radar Jombang duduk sama rendah, berdiri sama tinggi dengan perusahaan-perusahaan pers yang telah hadir lebih dulu.

Selain empat peristiwa penting yang penuh makna bagi Radar Jombang sepanjang 2020 itu, juga kehadiran Radar Jombang di ruang lain. Seperti radarjombang.jawapos.com yang mendapat respons bagus dari masyarakat. Dari data, tercatat jumlah pengunjung  website sudah di atas 700 ribu dalam tiga bulan terakhir. Belum lagi instagram (IG) Radar Jombang yang mulai menyita perhatian banyak kalangan.

Semua pengalaman itu menjadi semangat Radar Jombang untuk melangkah ke depan. Ada keyakinan yang luar biasa dengan nama Radar Jombang ini. Masih terngiang di telinga, Mas Yanto saat  Bupati Jombang berseloroh, kenapa tidak memakai nama Radar Jombang? Menurutnya brand nama Jombang lebih kuat dibanding nama daerah manapun di Jawa Timur.

Singkat kata, Jombang memiliki KH Hasyim Asyari, KH A Wahab Chasbullah dan KH Bisri Syansuri yang melahirkan Nahdlatul Ulama (NU). Juga Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid dan ratusan tokoh lainnya. Bahkan, kota kecil ini pada 2015 menjadi tuan rumah Muktamar NU ke-33.   

Dan, hingga saat ini, sudah jutaan santri belajar dan mengaji di pondok-pondok pesantren di Kabupaten Jombang. Tercatat pula, Jombang memiliki perguruan tinggi yang sangat terkenal, bukan hanya di tingkat nasional, bahkan internasional. Dulu, ada sebutan, kalau di Jawa Tengah ada UKSW Salatiga, maka di Jawa Timur ada Undar  Jombang.

Kini, di Jombang terus berkembang banyak perguruan tinggi lain, seperti Unipdu Rejoso yang sebentar lagi membuka fakultas kedokteran, juga Unhasy Tebuireng, Unwaha Tambakberas, STKIP PGRI, STIE Dewantara dan sejumlah perguruan tinggi ilmu kesehatan. Sejumlah perusahaan besar PMA juga terus tumbuh di Jombang.

Tentu nama besar Jombang ini telah memotivasi dan menginspirasi  semuanya, termasuk bagi Radar Jombang, untuk terus berkarya dan maju bersama masyarakat Kabupaten Jombang. 

Terakhir, izinkan kami terus belajar, belajar dan belajar, serta memperbaiki kekurangan dan kesalahan yang masih sering kami lakukan. Terima kasih kepada Ibu Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab dan jajaran, Forkopimda, para pelanggan, mitra kerja, mitra iklan, mitra agen, mitra event, narasumber, dan semua pihak yang tidak bisa kami sebut satu per satu. Masih dalam suasana Lebaran, kami ucapkan Idul Fitri, mohon maaf lahir batin. (*)

*) penulis adalah General Manager Jawa Pos Radar Jombang

(jo/mar/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia