alexametrics
Rabu, 08 Jul 2020
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Tiga Pedagang Positif, IDI Dorong Tutup Sementara Pasar Peterongan

02 Juni 2020, 10: 21: 52 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Ketua Gugus Tugas Covid-19 IDI Jombang dr Sjarifuddin

Ketua Gugus Tugas Covid-19 IDI Jombang dr Sjarifuddin (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Kasus tiga pedagang Pasar Peterongan terpapar Covid-19 mendapat perhatian serius IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Jombang. Pemkab didorong melakukan penutupan sementara aktivitas pasar.

”Kami sudah koordinasi dengan gugus tugas bidang pencegahan, untuk dilakukan penutupan selama dua hari seperti Pasar Cileungsi Bogor yang sudah ada tujuh orang terkonfirmasi Covid-19,” terang Ketua Gugus Tugas Covid-19 IDI Jombang dr Sjarifuddin kemarin (1/6).

Langkah itu menurutnya sangat perlu untuk memutus penyebaran Covid-19 di lingkungan pasar. Namun sebelum dilakukan penutupan, pemkab diminta melakukan koordinasi mengenai persiapan dan pencegahan kepada beberapa pihak terkait. ”Koordinasi perlu dilakukan sebelum langkah penutupan diterapkan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas  Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Jombang Bambang Nurwijanto mengatakan, belum ada rencana melakukan penutupan pasar Peterongan.

”Kalau isolasi maupun penutupan kami belum ada rencana ke sana. Namun nanti kami evaluasi dan minta saran teman-teman gugus tugas untuk langkah ke depan,” ujar dia.

Setelah ada tiga pedagang Pasar Peterongan dinyatakan reaktif dari hasil rapid test, Bambang sudah meminta pedagang agar membatasi waktu jualan. Dari yang biasanya pulang pukul 12.00 menjadi pukul 11.00 WIB. Sayangnya, imbauan ini tak berjalan maskimal. ”Pedagang masih tetap berjualan,” tambahnya.

Penyemprotan disinfektan ke sejumlah lapak pedagang juga sudah dilakukan pihaknya sejak beberapa pekan lalu.  Pedagang dan pembeli juga diminta memakai masker saat transaksi jual beli. ”Sudah kami semprot, lalu dalam waktu dekat juga kita  akan kita semprot lagi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tiga pedagang Pasar Peterongan yang terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari Desa Plosokerep Kecamatan Sumobito sebanyak dua orang. Lalu dari Desa Alang-Alang Caruban Kecamatan Jogoroto sebanyak satu orang.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia