alexametrics
Rabu, 08 Jul 2020
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Pasien Positif Covid-19 di Jombang yang Sembuh Bertambah Dua Orang

01 Juni 2020, 14: 32: 38 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Koordinator Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, dr Pudji Umbaran

Koordinator Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, dr Pudji Umbaran (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah dua pasien (31/5) kemarin. Sehingga total pasien sembuh ada enam orang.

Pasien sembuh pertama adalah SP, warga Desa Jogoloyo, Kecamatan Sumobito. Pria berusia 60 tahun ini tercatat sebagai pasien nomor urut 11. Kemudian pasien sembuh kedua adalah AH, 53, ASN Kemenag Jombang asal Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek. Pasien ke-6 ini terpapar dari klaster Sukolilo.

”Sesuai hasil uji swab yang kami terima, ada dua lagi pasien yang sembuh,” ujar Koordinator Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, dr Pudji Umbaran kemarin.

Hasil uji swab pasien ke-11 turun Sabtu (30/5) malam. Dari hasil laporan, pasien dinyatakan sehat secara laboratoris setelah hasil uji swab dua kali berbunyi negatif. ”Artinya pasien ini sudah tidak lagi menularkan virus,” tambahnya.

Namun pasien tidak langsung dibolehkan pulang, lantaran kondisi kesehatannya masih belum memungkinkan. ”Sejak awal masuk, memang bapak ini sudah jelek kondisinya. Sekarang masih butuh perbaikan kesehatan di ruang pasien umum,” terangnya.

Pudji menambahkan saat pertama kali masuk di RSUD Jombang, pasien mengeluhkan gelaja sesak napas disertai batuk. Setelah dilakukan uji swab, hasilnya positif.

”Sekarang tinggal batuknya saja,” jelas dia. Sedangkan pasien ke-6 sudah lebih dulu dinyatakan sembuh saat uji swab turun beberapa hari lalu. ”Kalau pak AH sudah turun dari beberapa hari yang lalu,” terangnya.

Dari total 16 pasien yang dirawat di RSUD Jombang, baru dua hasil uji swab yang dinyatakan sembuh. ”Sehingga total yang sembuh ada enam orang,” bebernya.

Empat pasien Covid-19 yang sebelumnya dinyatakan NC, 55, asal Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Jombang, NK, 42, warga Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, SY, 45, asal Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo, keempat NH, 58, asal Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek.

Jika dihitung, dari total sebanyak 49 kasus Covid-19 di Kabupaten Jombang, persentase kesembuhannya belum ada 10 persen. ”Memang kemarin penambahan juga cukup banyak, per Sabtu (30/5) ada 8 kasus baru,” pungkasnya.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia