alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarjombang
Home > Kota Santri
icon featured
Kota Santri

Full Online, PPDB SMP di Kabupaten Jombang Capai 1.234 Pendaftar

22 Mei 2020, 13: 23: 09 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

ILUSTRASI: PPDB SMP Kabupaten Jombang.

ILUSTRASI: PPDB SMP Kabupaten Jombang. (Istimewa)

Share this      

JOMBANG – Sejak dibuka Senin (18/5), pendaftaran peserta didik baru (PPDB) jenjang SMP di Kabupaten Jombang langsung diserbu pendaftar. Per Rabu kemarin (20/5) sudah mencapai 1.234 pendaftar.

Agus Suryo Handoko Kabid Pembinaan Karakter SMP Dinas P dan K Kabupaten Jombang menyampaikan, pendaftaran PPDB SMP kali ini dilaksanakan dua periode.

Pertama, pendaftaran periode pendataan yang dimulai Senin (18/5) lalu hingga 23 Juni mendatang. Sedangkan tahap kedua, pendaftaran periode seleksi yang dimulai 24-27 Juni mendatang.

”Pendaftaran periode pendataan sudah dimulai tiga hari lalu dan jumlah pendaftar sudah ada 1.234 calon siswa," ujarnya kepada Jawa Pos Radar Jombang, kemarin.

Saat tahap ini, periode pendataan, calon peserta didik cukup login di laman yang disediakan yakni http://ppdbsmp.jombangkab.go.id/. Kemudian login dengan username dan password yang didapat dari sekolah atau Dinas P dan K untuk melengkapi data diri.

Setelah melengkapi data siswa, serta mengunggah semua dokumen yang dimiliki sesuai data pendukung pada jalur pendaftaran PPDB. ”Jadi semuanya serba online, siswa tak perlu datang ke sekolah," tambah dia.

Hal ini sangat memudahkan, terutama di tengah masa pandemi seperti sekarang. Siswa dapat mendaftar dirumah melalui komputer maupun ponsel masing-masing.

”PPDB SMP dilaksanakan full online dalam masa darurat Covid-19 ini, dalam mengupload dokumen dan memilih jalur serta memilih sekolah dilakukan secara online. Tidak perlu datang ke sekolah," paparnya.

Agus menjelaskan, sesuai dengan juknis Kepala Dinas P dan K Kabupaten Jombang Nomor 422.1/1883/415.16/2020 tertanggal 29 April 2020, ada lima jalur pendaftaran yang dibuka dalam PPDB kali ini.

Mulai jalur zonasi, jalur prestasi, jalur pindah tugas, jalur afirmasi, dan inklusi atau anak berkebutuhan khusus. ”Sudah kami tetapkan, ada lima jalur dan semua persyaratan sudah ada di web PPDB," pungkasnya.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia