alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

Pekerja Pabrik Kertas Mojokerto Positif Covid-19, Urutan 26 di Jombang

Indikasi Transmisi Lokal

21 Mei 2020, 15: 32: 30 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Budi Winarno, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gugas PP) Covid-19 Kabupaten Jombang

Budi Winarno, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gugas PP) Covid-19 Kabupaten Jombang (Achmad RW/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Jombang kembali bertambah. Seorang pekerja pabrik kertas di Mojokerto, membuat komulatif pasien di Jombang menjadi 26 orang. Tambahan pasien baru ini mengindikasi munculnya transmisi lokal di Jombang.

“Benar, hari ini ada tambahan satu lagi pasien positif, dari Kecamatan Sumobito,” terang Budi Winarno, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gugas PP) Covid-19 Kabupaten Jombang, kemarin.

Pasien positif ke-26 ini, rincinya, berjenis kelamin laki-laki yang sehari-harinya bekerja pabrik kertas di Kabupaten Mojokerto. “Inisialnya AS,” imbuhnya. Dari pelacakan yang dilakukan Dinkes Jombang, AS dimungkinkan tertular dari pasien positif sebelumnya yang juga tetangganya sendiri.

“Jadi dia tetangganya pasien positif pasutri dari Sumobito. Sempat kontak dan sempat bersalaman sebelum pasutri itu berangkat ke rumah sakit,” tambahnya. Karena sempat melakukan kontak itulah pihak Puskesmas Semobito kemudian melakukan rapid test ke sejumlah tetangga pasien yang sebelumnya diketahu berkontak langsung.

“Nah saat di-rapid test, AS ini salah satu yang reaktif, kemudian dilakukan swab dan hasilnya keluar hari ini positif,” imbuhnya. Budi menyebut, AS ada indikasi penyebaran penyakit virus dari pasien positif ke warga lain yang tak lain tetangganya sendiri. “Ini transmisi lokal jadinya. Upaya sudah kita lakukan dan berharap penyebarannya segera selesai,” lontar Kepala Dinas Kominfo Jombang ini.

Setelah dinyatakan positif Covid-19, AS sudah disebut tim dari Dinkes Jombang untuk menjalani karantina di rumah sakit. “Untuk lokasi karantina di RSK Mojowarno, menyusul pasien dari Sumobito,” pungkas Budi.

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia