alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarjombang
Home > Events
icon featured
Events

Bagikan 480 Paket Sembako, Ponpes Gadingmangu Perak Tanggap Covid-19

20 Mei 2020, 14: 00: 20 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Pimpinan Ponpes Gadingmangu menyerahkan bantuan kepada anak yatim.

Pimpinan Ponpes Gadingmangu menyerahkan bantuan kepada anak yatim. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Share this      

JOMBANG – Kepedulian Pondok Pesantren Gading Mangu Perak, Jombang di tengah pandemi Covid-19 patut diapresiasi. Kemarin menyalurkan 480 paket sembako ke warga pra sejahtera di sekitar Desa Sambirejo.

Pembagian paket sembako bertempat di Bumi Perkemahan Kosambiwojo, Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam. Setiap tahun, lokasi ini kerap dipakai kegiatan Perkemahan Akhir Tahun Cinta Alam Indonesia (PERMATA CAI).

Sejak pukul 08.00 kemarin, warga penerima bantuan silih berganti mengambil sembako.

Penyaluran paket bantuan sembako kepada masyarakat di Wonosalam.

Penyaluran paket bantuan sembako kepada masyarakat di Wonosalam. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

Ketua panitia bakti sosial Toto Raharjo mengatakan, kegiatan pembagian paket sembako merupakan bentuk kepedulian Ponpes Gading Mangu terhadap warga terdampak pandemi korona, terlebih sudah rutin dilaksanakan setiap ramadan. ”Selain juga sebagai kegiatan rutin setiap bulan ramadan, ini sekaligus kepedulian Ponpes Gading Mangu terhadap masyarakat di sekitar Desa Sambirejo yang terdampak Covid-19,” ujar dia.

Dia menambahkan, di lokasi CAI, setiap setahun sekali diadakan perkemahan yang diikuti seluruh santri, alumni dan warga Ponpes Gading Mangu se-Indonesia.

Karena tahun ini bertepatan pandemi Covid-19, sehingga kegiatan perkemahan ditiadakan. ”Namun demikian kami tidak meniadakan kegiatan bakti sosial untuk masyarakat yang berada di sekitar pondok Gading Mangu maupun sekitar Desa Sambirejo,” papar dia.

Total ada 480 paket sembako yang dibagikan. Isinya beragam, mulai dari beras, minyak dan kebutuhan pokok sehari-hari. Pihaknya bekerjasama dengan perangkat desa setempat untuk menentukan warga yang berhak menerima. ”Hanya kita bagikan kepada warga pra sejahtera, karena kami belum bisa mencakup seluruh masyarakat di Desa Sambirejo,” pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Gadingmangu Kombes Pol Purn KH Basiya Adli Banadi berharap, kegiatan bakti sosial ini dapat  membantu sekaligus meringankan beban masyarakat yang dilanda pandemi Covid-19.

”Ini kami adakan rutin setiap tahun. Pondok Gading Mangu memberikan santunan kepada warga pra sejahtera khususnya di Wonosalam.  Harapannya bisa dilaksanakan setiap tahun, karena banyak masyarakat yang membutuhkan,” jelas dia.

Santuni 250 Anak Yatim

SEMENTARA itu, kepedulian Pondok Pesantren Gading Mangu di bulan ramadan juga dilakukan di lingkungan pondok. Kemarin (19/5), Pimpinan Ponpes Gadingmangu Kombes Pol Purn KH Basiya Adli Banadi memberikan santunan kepada 250 anak yatim di Dusun Bacek, Desa Gading Mangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Hujan deras tak menyurutkan semangat kepedulian terhadap anak yatim. Ikut hadir dalam rombongan, ketua panitia Toto Raharjo, KH Ahmad Anwari Pengasuh Ponpes Gading Mangu dan beberapa anggota lainnya.

Ketua Panitia Toto Raharjo menyampaikan, kegiatan berbagi kepada 250 anak yatim merupakan kegiatan rutin selama bulan ramadan. Setiap tahun rutin dilaksanakan di pondok.

Karena tahun ini bertepatan dengan pandemi, maka sistem pembagiannya dilakukan secara door to door menemui anak yatim. ”Ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada anak yatim di lingkungan pondok,” ujar dia.

Dia berharap santunan yang diberikan dapat meringankan beban orang tua sekaligus untuk bekal mereka menjelang Idul Fitri 1441 H. ”Harapannya dapat berguna bagi anak anak yatim,” pungkasnya.

Sementara itu, Sis Wanarsih Kasi pemerintahan Desa Gading Mangu menyampaikan rasa terima kasih kepada Pimpinan Ponpes Gadingmangu Kombes Pol Purn KH Basiya Adli Banadi beserta jajaran yang sudah mengadakan kegiatan santunan anak yatim.

”Pandemi Covid-19 ini membuat perekonomian warga kami menurun, tak terkecuali anak anak yatim. Kami mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian yang diberikan,” pungkasnya singkat.

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia