alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarjombang
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Disdagrin Jombang Sebut Kenaikan Harga Daging Ayam Masih Wajar

19 Mei 2020, 19: 13: 57 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Aktivitas pedagang ayam di Pasar Pon Jombang.

Aktivitas pedagang ayam di Pasar Pon Jombang. (Azmy Endiyana Z/Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Kenaikan harga ayam broiler di pasaran dibenarkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Jombang. Kenaikan disebabkan tingginya permintaan jelang ramadan.

“Memang kenaikan mesti terjadi di hari lebaran, natal dan tahun baru. Ini dikarenakan permintaan meningkat,” ujar Kabid Sarana Perdagangan dan Bapokting Disdagrin Jombang, Nursila Cahyaningrum saat dikonfirmasi kemarin.

Sebagai antisipasi, pihaknya terus melakukan pemantauan fluktuasi harga di pasaran. “Tetap setiap hari kita pantau untuk harga di pasaran,” imbuhnya.

Nursila menambahkan, pihaknya juga aktif berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memastikan ketersedian barang aman jelang lebaran.

Terkait stok daging ayam dan daging sapi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait.”Kan yang mengetahui stoknya dari Dinas Peternakan, jadi kami juga berkoordinasi dengan dinas terkait untuk pemantauan harganya,” imbuhnya.   

Sementara itu, Imam Sutrisno Kepala Dinas Peternakan Jombang mengatakan, kenaikan harga daging ayam lantaran permintaan tinggi. Selain itu, beberapa bulan yang lalu harga ayam sempat merosot tajam. “Kan beberapa bulan yang lalu harga ayam juga merosot jadi sekarang sudah kembali normal,” katanya.

Menurutnya, kenaikan harga daging ayam masih relatif normal. Untuk stok, baik daging ayam maupun sapi pada Mei mencapai 1.603.250 kilogram (kg). Rinciannya, daging sapi sebanyak 268.944 kg dan daging ayam 1.334.308 kg. “Untuk telur sendiri masih ada stok 835.323 kg,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jelang labaran, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional terus merangkak naik. Kenaikan harga signifikan terjadi pada komoditas daging ayam.

Rohmah, salah satu pedagang daging ayam broiler di pasar Pon Jombang mengatakan, kenaikan harga daging ayam secara bertahap. Jika diawal harga daging ayam terjun bebas hingga Rp 20 ribu per kilogram (kg), kemarin, harga ayam sudah mencapai harga Rp 34 ribu per kg.

“Seminggu yang lalu harga Rp 26 ribu per kg, kemudian naik menjadi Rp 28 ribu sekarang sudah tembus di Rp 34 ribu per kg,” paparnya.

(jo/yan/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia