alexametrics
Minggu, 12 Jul 2020
radarjombang
Home > Peristiwa
icon featured
Peristiwa

18 Karyawan Sampoerna Surabaya Terdata Sedang Berada di Jombang

17 Mei 2020, 05: 49: 35 WIB | editor : Mardiansyah Triraharjo

Budi Winarno, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gugas PP) Covid-19 Kabupaten Jombang

Budi Winarno, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gugas PP) Covid-19 Kabupaten Jombang (Dok Jawa Pos Radar Jombang)

Share this      

JOMBANG – Jumlah karyawan pabrik Sampoerna di Surabaya yang tercatat pulang ke Jombang, berjumlah 18 orang. Empat diantaranya telah dinyatakan positif Covid-19. Jumlah ini diprediksi masih bisa terus bertambah.

“Data yang dikirim dari Surabaya ke Pemkab Jombang ada 18 orang. Seluruhnya sudah menjalani rapid test,” terang Budi Winarno, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gugas PP) Covid-19 Kabupaten Jombang, kemarin.

Dari 18 orang itu, lanjutnya, sudah dilakukan rapid test dan empat diantaranya sempat dinyatakan reaktif . Setelah dilakukan uji swab lanjutan, keempatnya kini telah berstatus terkonfirmasi positif.

Sementara 14 orang lainnya yang juga ikut di uji swab hingga kini masih harus menunggu hasil. “Jadi empat orang dari klaster Sampoerna sebenarnya sudah data lama, yang naik status dari OTG ke positif,” beber dia.

Untuk 14 orang itu semua berstatus orang tanpa gejala (OTG). Namun pihaknya telah meminta kepada seluruh karyawan untuk tetap melaksanakan karantina mandiri di rumah masing-masing. “Sudah sampaikan, karena mereka memang termasuk berisiko, ya harus isolasi mandiri 14 hari,” tambahnya.

Budi mengakui, kemungkinan besar masih ada karyawan Sampoerna di Surabaya yang hingga kini pulang tapi belum tercatat di data Pemkab Jombang.

Untuk itu kepada semua warga yang merasa bekerja di Sampoerna agar segera proaktif melaporkan dirinya ke fasilitas kesehatan terdekat. “Tidak usah takut, ini pencegahan dini dan lebih bagus. Pasti nanti akan di-rapid test juga assesment kesehatan,” tambah dia lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, hingga (15/5) tercatat empat orang dari klaster Sampoerna yang dinyatakan positif Covid-19. Masing-masing Sl (47) warga Desa Mojodanu, Kecamatan Ngusikan, M (44) warga Desa/Kecamatan Kabuh, W (46) warga Desa Wuluh, Kecamatan Kesamben dan NA (44) warga Desa Tambar, Kecamatan Jogoroto.

(jo/riz/mar/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia